Laporan baca
LAPORAN
BACA SEJARAH GEREJA ASIA
Nama :KRISNAWATI GULO
NPM :2020.77.202.007
Judul : Sejarah Gereja Asia
Nama penulis :
Donald E.Hoke
Penerbit : Gandum Mas
Cetakan
: Pertama thn. 2000
Tebal : 446 Halaman
|
Bab l
PINTU-PINTU TERBUKA DI ASIA
Fakta-fakta rohani yang besar di
Asia pada saat ini:
●
Perhitungan-perhitungan
dari statistik-statistik yang di kumpulkan oleh para pengarang ini dan para
peneliti yang lain menunjukkan bahwa, pada tahun 1972,jumlah total orang
Kristen di Asia kemungkinan sekitar 81 juta lebih.
●
Agama
Kristen Protestan injili adalah agama yang paling cepat bertumbuh di timur laut
India,Indonesia,Korea,Taiwan,Hongkong,Kampuchea (kemungkinan juga Pakistan,
walaupun pertumbuhannya kecil)
●
Dalam
25 tahun belakangan ini seluruh negara yang dahulunya tertutup bagi Kristus
selama seribu tahun telah terbuka bagi
penginjilan,walaupun hal itu masih tebatas di beberapa di antara negara-negara
ini
●
Kebangunan
rohani yang menghasilkan pertumbuhan yang luar biasa telah terjadi di antara
sejumlah suku-suku bangsa di Asia.
●
Gereja-gereja
nasional dan setempat sedang menjadi dewasa dengan cepat.
●
Berkaitan
dengan ini adalah timbulnya aliran injili yang penuh informasi
●
Perkumpulan-perkumpulan
misi luar negeri dari Asia dibentuk dan jumlah para misionaris bertambah
berlipat ganda.
●
Di
seluruh Asia kaum awam sedang bangkit
dari keadaan bangkit dari keadaan tertidur
yang di sebabkan oleh masalah kependetaan.
●
Untuk
pertama kali dalam sejarah Asia orang-orang yang baru bertobat dari kalangan
pemeluk agama tertentu telah berjumlah ratusan dan bukan hanya dua atau tiga,
yang paling mencolok adalah hasilnya di Indonesia.
MASA DEPAN PENGINJILAN DI ASIA
●
Persoalan-persoalan
Asia pada masa kini
Pada tahun 1967 sarjana biologi
yang bernama Paul Ehrlich dari Universitas Stanford menulis:
Suatu saat di antara tahun 1970 dan
1985 dunia akan mengalami kekurangan pangan yang luas-ratusan juta orang akan menderita kelaparan sampai mati
terkecuali jika wabah, perang termonuklir,atau suatu hal lainnya membunuh mereka.
Banyak orang akan menderita kelaparan sampai mati meskipun ada berbagai crash
program yang mungkin kita usahakan sekarang ini. Apalagi kalau kita tidak
menjalankan crash program sama sekali. Inilah realitas-realitas pahit yang kita
hadapi.
PRIORITAS-PRIORITAS BAGI
PENGINJILAN DAN MISI
- Kelompok-kelompok
yang reseptif di Asia pada saat ini tentu harus di beri perhatian utama,
sebagaimana begitu sering ditekankan oleh
Profesor Donald Mc.Gavran.
- Sangatlah
penting kebudayaan-kebudayaan yang
sedang mengalami kehancuran atau perubahan secara radikal yang dikatakan
oleh Cervin.
- Daerah-daerah kota yang semakin reseptip, seperti
Singapura, Hongkong, menjamin pengiinjilan yang terpusat.
- Daerah-daerah
non-kristen yang memberikan respon, haruslah dengan bijak dan dengan penuh
doa, namun secara cepat dan dengan sekuat tenaga injili.
- Kesempatan-kesempatan nasional yang
spesifik.
BEBERAPA PEDOMAN BAGI STRATEGI
PENGINJILAN DAN MISI DI ASIA PADA MASA KINI
A. Yang paling penting ialah menilai
situasi secara realistis.
B. Berdasarkan hal di atas, sangatlah
perlu untuk mengembangkan strategi-strategi baru yang luas.
1. Memperkuat gereja yang ada.
2. Membuat perencanaan jangka Panjang
dan jangka pendek yang teliti bagi penginjilan yang efektif dan yang
beriorentasikan pada sasaran baik pada pihak misa maupun gereja-gereja.
3. Mengadakan kerja sama injii-oikumenesitas yang alkitabiah.
4. Merekrut banyak orang baru bagi
penginjilan pada generasi yang akan datang.
5. Banyak organisasi multinasional,
Yayasan gereja, organisasi penginjilan dan organisasi misi harus di bentuk atau
di perluas jika kita ingin memenuhi tantangan yang luas di Asia saat ini.
6. Suatu kepekaan baru terhadap
situasi politik dan budaya yang berubah di Asia di butuhkan baik oleh
organisasi-organisasi misi maupun oleh individu-individu.
7. Memajukan setiap jenjang Pendidikan
teologi.
8. Menggunakan sepenuhnya media
komunikasi massa modern.
Sejarah gereja di Asia Asia Tengah adalah tempat salah satu gerakan
besar pertama dalam sejarah Kristen gereja Kuno dari dunia timur, atau
gereja Syiria (yang secara salah
disebut kaum Nestorian), mungkin telah datang di India pada bagian akhir abad I.
Konkluksi
Jikalau abad XX dapat disebut abad
Kristen itu adalah karena ada peningkatan perhatian yang sangat menambah luas
dan dalamnya pekerjaan misi Dan penginjilan di seantero benua Asia khususnya
dalam zaman pasca garis hubungan Perang Dunia II. Gereja gereja Yesus Kristus
yang terorganisasi sekarang telah berdiri di semua negara di Asia terkecuali
Mongolia dan Afghanistan sepanjang yang diketahui orang tunas-tunas kesaksian
muda dan lembut sedang menyebar luas dari gereja-gereja yang terbaru sekalipun
dengan beberapa pengecualian penting gereja Yesus Kristus sedang bertumbuh di
seantero benua dan pulau-pulau di Asia gerakan-gerakan massal di beberapa
negara telah melihat gereja-gereja di situ berkembang lebih dari dua kali lipat
pada dekade terakhir negara-negara yang tertutup selama berabad-abad sekarang
terbuka bagi Injil ada keterbukaan dan respon baru di Bangladesh dan sejak tahun 1973 di Indonesia,sejak tahun
1968 di Korea, Sejak tahun 1950 dan di Jepang, sejak tahun 1945. Bahkan Cina
akan menyediakan kesempatan kesempatan yang terbatas bagi penginjilan sebentar
lagi.
Bab ll
AFGHANISTA
Karangan Anonim
GEREJA PADA SAAT INI
Afghanistan, sebuah kerajaan muslim yang
kurang dikenal terletak di daerah gunung yang melintasi jalur Khyber Di
Pegunungan Himalaya baru saja terbuka untuk mendengar Injil pada awal tahun
1970-an ketika menyerang. Setelah lebih dari 1000 tahun perlawanan yang sengit
terhadap Kristen, gereja Protestan pertama yang pernah dibangun di negara itu
diresmikan pada tahun 1970-an tetapi pada 13 Juni 1973 pihak pemerintah menyita
bangunan yang indah yang telah didirikan dengan pemberian pemberian dari orang
Kristen di seluruh dunia pada tanggal 16 Juli para pekerja pemerintah selesai
buldozer bangunan gereja itu sampai rata dengan tanah.
Sikap yang baru dan lebih menguntungkan
ini mungkin sebagian didorong oleh pernyataan yang dipublikasikan secara luas
yang dikirim kepada raja terdahulu oleh beberapa pemimpin Kristen terkemuka
(diketahui oleh Doktor Billy Graham). Yang memprotes penghancuran gereja itu,
ribuan surat yang mencela tindakan ini mengalir ke ibu kota dan kedutaan besar
Afghanistan di Amerika Serikat. Tetapi sementara itu pekerjaan medis dan sosial
dengan aman walaupun secara terbatas berlangsung terus.
Orang-orang Kristen ini bukan hanya
merasa untuk beribadah secara tetap tetapi mereka juga ingin membantu rakyat di
sana dengan cara-cara yang praktis. di bawah arahan seorang ahli pertanian
Kristen dari Cina telur-telur ikan air tawar jenis Pelangi telah diterbangkan
ke negeri ini dari Amerika Serikat dan Jepang yang telah dibudidayakan serta
diperkenalkan sebagai ikan hingga ke berbagai danau dan sungai-sungai titik
pergi memancing dengan salah seorang dari putra-putranya pada suatu hari ketika
sang pangeran memperoleh salah seekor ikan air tawar ini ikan tersebut melawan
sedemikian keras dan rasanya sedemikian sehingga Raja memerintahkan Menteri
Pertanian untuk luas proyek dengan mengadakan juga tempat penetasan telur ikan
yang sekarang memenuhi sungai dan danau di seluruh negara.
Seperti Swiss Oma Afghanistan
memakai bahasa bahasa dari daerah sekelilingnya dan dengan demikian kitab suci
sudah tersedia dalam dua bahasa utama yaitu custom dan persia. tetapi
terjemahan-terjemahan memerlukan revisi untuk disesuaikan dengan dialek-dialek
setempat titik di samping itu orang-orang usbek, koma, azab dan Siksa di
sebelah utara negara itu berbicara bahasa Turki dan banyak bahasa lainnya yang
dipakai oleh kelompok-kelompok kecil yang masih belum dijadikan tulisan titik
sejauh ini, rekaman Injil telah dibuat dalam 51 bahasa yang dipakai di negara
itu, 26 diantaranya dipakai di lembah-lembah no ori stan di bagian timur negara
tersebut.
Tantangan
tantangan dan kesempatan kesempatan
Angka buta huruf yang mencapai 95%
masih merupakan suatu masalah besar di Afghanistan titik tenaga staf dibutuhkan
untuk mengajar para guru dan mempersiapkan bahan-bahan bacaan serta untuk
menyebarluaskan berbagai program medis dan sekolah-sekolah bagi tunanetra
Negara dan bangsa
Lama terselubung di dalam misteri
karena lokasinya yang tidak dapat dicapai di Bali jalur fiber di jantung Asia
Tengah Afganistan mempunyai sejarah yang keras dan sangat mencolok. sedikit
sekali yang diketahui tentang suku-suku yang berkelana di pegunungan yang
tinggi dan lembah-lembah di situ sebelum Raja Persia mencaplok daerah itu pada
abad ke 6 sebelum masehi titik tetapi kemudian keadaan mulai berubah di bawah
kekuasaan para penakluk berikutnya dimulai dengan Alexander Agung pada tahun
330 Sebelum Masehi. suku-suku di Asia Tengah menyerbu kerajaan itu 400 tahun
kemudian; Kemudian Persia, India, dan Patia bersaing untuk menguasai
bagian-bagiannya selama 700 tahun, sebelum orang-orang Arab menaklukkan daerah
Utara dan Barat pada awal abad VII M. Orang-orang Persia, India Hindu, dan
Turki berturut-turut berperang karena negara itu sampai gerombolan grombolan
Mongol dari Genghis Khan mencaplok Afghanistan kedalam kekaisarannya sekitar
tahun 1220 m yang bertahan hingga tahun 1700-an.
Agama-agama
nasional
Nabi Zoroastrer dilahirkan di
Balkh, di sebelah utara Afghanistan, pada abad 6 sebelum masehi dan
kepercayaannya yang dualistis tentang "terang dan gelap” Meluas di
seantero Persia daerah ini pada masa pra-Kristen.(Untuk melihat penjelasan yang
lebih lengkap tentang kepercayaan-kepercayaan di Afghanistan, "agama-agama
penting di Asia).Nama setempat untuk bunga matahari merefleksikan warisan
zoroaster karena bunga itu dinamakan AFTAU atau "penyembah matahari".
tetapi agama ini tidak pernah memperoleh loyalitas penuh dari bangsa akan dan
saat ini hanya sekitar Rp100.000 Penganut aliran zoroaster yang tinggal di
seantero Asia yang terutama berpusat di Iran dan di sekitar Bombay, India.
Paham atheisme segera menggantikan paham joro
Astri animisme dan menjadi agama yang dominan, dengan selalu diingat menjadi
patung Buddha yang besar sekali di jurang-jurang banian di Afghanistan Tengah
ukuran terbesar dari patung-patung ini adalah 170 kaki tingginya, lebih tinggi
daripada Air Terjun Niagara. ribuan gua gua kaum his berada di sekitar situ dan
sisa-sisa stupa zaman dulu masih ada di sana sini di banyak bagian negara itu.
Dengan demikian pemerintahan agama dan
kebudayaan Islam pada dasarnya telah berlangsung tanpa tantangan sampai pada
saat ini titik bahkan sekarang hukum perdata negara itu.
SEJARAH
KRISTEN
Afghanistan yang terpencil tidak selalu tanpa
kehadiran dan kesaksian orang-orang Kristen pribumi. walaupun tidak banyak
rincian yang diketahui, selama X ekspansi Apa yang disebut "agama Kristen
nestorian" ke bagian ini dari Asia kecil pada abad XV M gereja-gereja
didirikan di Afghanistan dan seorang Uskup ditempatkan di Herat di sebelah
barat laut. sebuah kota satelit dari Hera masih disebut Ingil Atau " Injil
".
Tetapi teks Alkitab berbahasa Syria menjadi
bahasa yang mati dan tidak diterjemahkan lagi ke dalam bahasa sehari-hari dari
bangsa itu titik gereja-gereja menjadi bersifat Liturgi kehilangan semangat
rohani mereka dan segera dimusnahkan oleh orang-orang muslim yang maju. Namun
pada saat ini pun salib salib Tutorial
direproduksi di karpet karpet Afghanistan sebagai suatu kesaksian bisu tentang
kehadiran Kristen dahulu di daerah ini, Meskipun para pengrajin yang menenun
karpet-karpet itu tidak mengetahui makna salib tersebut dan hanya meyakini
gambar-gambar itu sebagai rancangan yang telah diwariskan selama berabad-abad.
Namun misi Kristen terus berjalan pada
perbatasan-perbatasan selama lebih dari 100 tahun dan banyak doa telah
dinaikkan untuk negeri itu titik dengan makin perlunya modernisasi pemerintah
telah mengirim banyak Pemuda belajar di luar negeri di mana beberapa di antara
mereka telah berhubungan dengan Injil. kehadiran Kristen dengan diam-diam sedang
bekerja sebagai garam dan terang
sementara menantikan suatu kesempatan Ilahi untuk memperluas pelayanannya.
waktu Allah bagi Afghanistan dapat segera Bergema.
Bab III
Bangladesh
oleh Warren Webster
Pendahuluan
Meskipun banglasdeh berada pada peringkat
kedelapan dalam urutan penduduk dunia (75 juta), negara itu mempunyai jauh
lebih sedikit orang Kristen daripada setiap negara lain yang termasuk dalam 10
negara berpenduduk terbanyak di dunia titik jumlah total masyarakat Kristen
diperkirakan 245000 orang, yang berarti hanya sepertiga dari 1% dari total
penduduk titik kaum Roma Katolik berjumlah kurang lebih 135000 orang, sedangkan
masyarakat Kristen Protestan sisanya 110.000 orang.
GEREJA
PADA SAAT INI
PENGINJILAN
Banyak gereja dan misi yang sudah mapan pada
tahun-tahun belakangan ini lebih banyak memusatkan sumber daya pada
kesejahteraan masyarakat Kristen maupun bukan Kristen ketimbang pada misi
penginjilan langsung terhadap blog-blog Muslim dan Hindu. Jadi barangkali tidak
mengherankan bahwa dalam kurun waktu 10 tahun dimana dilaporkan hanya 50 orang
bertobat kepada Kristus Sedikitnya dua kali lipat jumlah itu orang Kristen
nominal yang memiliki menyangkal Kristus karena perkawinan atau karena
alasan-alasan lainnya. Akan tetapi suasana bagi penginjilan baru ini telah
diperbaiki titik salah satu faktor adalah undang-undang baru dari pemerintah
yang menjamin kebebasan beragama untuk semua kepercayaan tanpa ada yang
diistimewakan titik kekacauan karena konflik dengan Pakistan (ketika kaum
muslim menyerang kaum muslim) serta
kemerdekaan yang dihasilkan, ditambah dengan peristiwa-peristiwa belakangan ini
di Timur Tengah telah membuat orang lebih tertarik dan terbuka untuk mengenal
Apa itu agama Kristen dan apa yang Alkitab katakan tentang waktu-waktu seperti
ini. Walaupun pertobatan orang-orang secara terbuka masih belum sering,
permintaan terhadap Alkitab dan bagian-bagian Alkitab berbahasa Bengali telah
membumbung tinggi sejak 1971 sehingga sekarang Lembaga Alkitab kesulitan untuk
memberikan persediaan Alkitab.
Jauh lebih banyak orang Kristen
yang berasal dari minoritas Hindu ketimbang yang dari agama lainnya, tetapi
kecepatan dan jumlah pertobatan dari agama Hindu telah berkurang menjadi sangat
sedikit sebelum terjadi kerusuhan umum baru-baru ini. Kesaksian tentang
kepedulian dan sifat suka berbagi orang Kristen yang menunjukkan pada waktu
perang saudara itu itu di mana timbul kebencian yang mendalam dan pembunuhan
masal mendorong makin banyak orang Hindu dan dan mempertimbangkan iman Kristen
dan meminta pengajaran Kristen sekali lagi walaupun suku-suku bukan Bengali
dengan latar belakang animisme yaitu Garros Santalis, dan lainnya terdiri dari sekitar 1% dari total penduduk
negara, mereka pada masa yang lalu secara relatif lebih responsif terhadap iman Kristen ketimbang mayoritas penduduk yang
berasal dari Bali dan karena itu merupakan suatu bagian masyarakat Kristen yang
besar dan terus bertambah.
Literatur
Kristen
Minat untuk membaca yang belum pernah terjadi
di antara orang-orang yang terpelajar tercermin dari permintaan yang meningkat
terhadap Alkitab dan buku-buku Kristen. Pada tahun 1973 pusat literatur Kristen
(Christian literature Center), yang khusus menyediakan literatur yang bermutu
baik untuk pembaca Kristen maupun non Kristen, mempublikasikan satu juta bacaan
yang merupakan rekor dan kemudian melipatgandakan nya pada tahun 1974.
Buku-buku traktat dan majalah-majalah mereka semuanya meningkat dalam
sirkulasi. Banyak
kelompok lain juga terlibat dalam produksi traktat untuk penginjilan bahan
sekolah minggu dan buku-buku Kristen. Sebuah pusat literatur Kristen yang
sama-sama aktif dan sangat produktif telah dihadirkan lebih belakangan ini oleh
para pekerja Association of Baptist
evangelism (A.B.W.E.) di Chittagong.
Terjemahan terjemahan kitab suci yang lain
sedang dalam proses, yaitu dalam bahasa beberapa kelompok suku yang sejumlah
besar dari mereka telah menjadi orang Kristen (mis. suku Bawm).
Pendidik
Kristen
Gereja dan lembaga misi telah terlibat lebih
dari 150 tahun dalam program-program pendidikan, yang telah membantu memelopori
gerakan pemerintah menuju pendidikan umum. Pada saat ini dari sekitar 32.000
sekolah dasar dan menengah di Bangladesh, kurang dari 500 buah disponsori oleh
Gereja atau misi. Pada masa yang silam sekolah-sekolah Kristen telah memberikan
sumbangsih yang penting bagi pendidikan para pemimpin Kristen sementara juga
mendidik para mahasiswa untuk peranan mereka di dalam pengembangan masyarakat
fisik terlepas dari kaum Roma Katolik, orang-orang Kristen di Bangladesh belum
memainkan peranan yang sangat berarti dalam pengembangan pendidikan yang lebih
tinggi titik di antara 170 perguruan tinggi dan sekolah-sekolah teknik yang
tersebar di seantero negeri tidak ada satupun perguruan tinggi Kristen
Protestan dan hanya ada satu sekolah teknik yang kecil. Upaya upaya lain sedang
dibuat untuk mendahulukan tujuan pendidikan Alkitab dan teologi yang merupakan
kebutuhan paling utama untuk pertumbuhan gereja gereja di Bangladesh pada masa
mendatang.
kegiatan sosial Kristen
Sejak permulaan sejarah misi ke India sifat
peduli dan suka berbagi rasa orang Kristen telah diperlihatkan di dalam
pelayanan pelayanan kesembuhan dan banyak hal lainnya. Para dokter dan perawat
yang merintis pengadaan rumah rumah
sakit, klinik Klinik Bersalin, Panti Asuhan, sekolah ke sekolah kejuruan, dan
desa desa desa percontohan hanya baru menggores lapisan permukaan dari total
kebutuhan manusia di sekeliling mereka. Kebanyakan telah secara aktif terlibat
dalam mengadakan program-program pertolongan dan rehabilitasi terhadap bencana
bencana yang berulang kali melanda negara itu. Bangladesh yang sedang menderita adalah salah satu
kesempatan terbesar di Asia pada saat ini titik tetapi hal itu mungkin tidak
lama bertahan kecuali jika berbagai kesempatan yang terbuka dan minat yang ada
pada saat ini dikembangkan.
Negara dan Bangsa
Bangladesh adalah negara merdeka secara
politis termuda di Asia titik apa yang dikenal hingga tahun 1947 sebagai
Benggala Timur di India jajahan Inggris menjadi Pakistan Timur selama hampir 25
tahun sebelum kemerdekaannya pada tahun 1971 ketika nama yang sekarang
digunakan yang artinya "bangsa Benggala".
Dalam sekian penduduk adalah muslim sehingga
membuat Bangladesh negara muslim terpadat di dunia (setelah Indonesia). Kurang lebih 14%( 10 juta) beragama Hindu. Sisanya beragama
Budha( 370.000), Kristen (245.000),Dan animisme. Tetapi Bangladesh sedang
mengalami ledakan harapan-harapan, baik rohani maupun materi titik orang-orang
tidak puas dengan kehidupan tradisional masa lampau titik Mereka ingin ikut
merasakan hal-hal baik yang mereka dengar atau yang mereka lihat dimiliki oleh
orang-orang lain.
Sejarah Nasional
Sejarah awal dari apa yang sekarang bernama
Bangladesh terselubung dalam legenda-legenda dari literatur kepahlawanan Hindu
dan Buddha titik kisah itu mulai tersingkap lebih jelas dengan maksudnya Islam
ke India pada abad 18. Para pelaut dan para pedagang muslim dari Arabia dahulu
menemukan jalan mereka di sepanjang pantai India sampai ke timur ke Benggala.
Islam disebarluaskan pada mulanya melalui teladan pribadi dan semangat dakwah dari para pedagang ini namun akhirnya
Semua daerah Utara India menjadi daerah mayoritas muslim melalui penaklukan.
Pada tahun 1906 Liga muslim yang pada akhirnya mendukung konsep tentang
Pakistan, didirikan untuk memperjuangkan berbagai kepentingan kaum muslim titik
di beberapa provinsi usaha-usaha telah dibuat untuk dengan paksaan membuat
orang muslim kembali ke agama Hindu sehingga timbul kerusuhan-kerusuhan komunal
di banyak tempat. Pada waktu India diberi kemerdekaan dan dibagi menjadi dua negara yakni Pakistan
dan India pada tanggal 14 sampai 15 Agustus 1947 daerah Benggala kembali
terbagi menjadi jenis agama: Benggala barat yang didominasi penganut Hindu
tetapi menjadi bagian dari India sedangkan Benggala Timur yang mayoritasnya
muslim di distrik menjadi Assam menjadi Pakistan Timur - sayap bagian timur
dari 1 negara baru yang 2 provinsinya yang berbeda telah dipisahkan dengan
jarak 1000 mil dari India.
Sejak semula berbagai ketidaksamaan
dari pembagian ini menimbulkan kesukaran titik walaupun Pakistan Timur
meliputi hanya seperenam dari daerah Pakistan Barat penduduknya berjumlah lebih
dari Separuh penduduk Pakistan dengan di
antara berbagai kelompok etnik. Selama
bulan-bulan yang menyusahkan dari Maret sampai Desember 1971, 57-75% dari total
bantuan untuk rakyat Bangladesh diberikan oleh pemerintah Amerika Serikat dan
sejumlah besar badan-badan sukarela dari Amerika termasuk gereja dan
badan-badan misi. Kegiatan-kegiatan ini telah
membantu memulihkan Citra Amerika.
Sejarah Kristen
Orang-orang Kristen di Bangladesh secara
relatif sedikit jumlahnya walaupun bukan karena agama Kristen terlambat
datangnya. Pada tahun 1576 misionaris
jesuit telah memasuki wilayah di India segera sesudah penjajahan oleh Portugis.
Pada dekade-dekade
yang berikutnya ordo Agustinus dan Dominika juga membuka pelayanan di sana
Titik pada tahun 1666 diperkirakan ada 33.000 penganut Roma Katolik di Benggala
kebanyakan di antara mereka tinggal di sekitar tempat-tempat perdagangan yang
didirikan oleh bangsa Portugis.
Misi Protestan di apa yang sekarang
bernama Bangladesh menyusul Roma Katolik dalam waktu lebih dari 2000 tahun
kemudian Oma ketika William Carrey diutus ke India pada tahun 1793 oleh Baptist
Missionary Society (BMS) Perkumpulan yang didirikan satu tahun sebelum
nya sebagai lembaga pemutus misi luar negeri yang pertama di Inggris). Kelompok
ini sekarang termasuk badan gereja Protestan terbesar di negara tersebut dengan
memiliki jumlah total anggota hampir 20.000 orang.
Sejak zaman Carey berbagai kelompok
baptis yang lainnya juga berperan penting dalam upaya-upaya misionaris
protestan di Benggala Timur jemaat-jemaat yang berbahasa menggali yang
dihasilkan dari pelayanan kaum Baptis dari Australia dan Selandia Baru tergabung
dalam Bangladesh baptist Union (yang berbeda dengan baptist Union Of
Bangladesh).
Pintu-pintu bagi penginjilan yang agresif
telah terbuka untuk menjangkau kaum Muslim dan Hindu di Bangladesh sekarang ini
lebih daripada sebelumnya. Kemiskinan menyusun perang saudara, bencana bencana
alam berupa banjir dan Taufan serta kebaikan yang didapat oleh misi-misi
Kristen menyusul gangguan-gangguan tersebut telah menciptakan
kesempatan-kesempatan di dalam negara yang besar dan yang lama diabaikan ini.
Kesempatan-kesempatan tersebut harus digunakan sebelum terlambat.
Bab IV
BHUTAN
oleh BillY BRAY
Gereja pada saat ini
Billy Bray Adalah seorang jurnalis fotografer
lepas yang melayani terutama organisasi-organisasi Kristen di Asia Tenggara
titik Setelah bertugas dengan pasukan militer Amerika di daerah tersebut, dia
tetap tinggal Sebagai wartawan untuk sebuah surat kabar di Bangkok dan sebagai
seorang wartawan setempat untuk majalah newsweek dan America Broadcasting
Company (ABC). Pada tahun 1970 dia membentuk newsasia, suatu penyiaran berita
khusus dia telah memberikan sumbangsih berupa sejumlah artikel dan
gambar-gambar kepada penerbit penerbit Kristen khususnya yang mempromosikan
pelayanan bantuan Kristen di di daerah.
SEJARAH MISI PROTESTAN
Terlepas dari kelahiran dramatis gereja
Chengmari baru-baru ini, pada waktu biar
tidak ada kesaksian pribumi terorganisir lainnya tapi percayalah kita punya
bagi Kristus yang diketahui oleh di negara Bhutan. Dan pelayanan
misionaris yang tak bisa dipungkiri di pedalaman juga merupakan perkembangan
yang menguntungkan pada dekade yang lalu.
Pada tahun 1065 Craig Diijinkan membuka Rumah
Sakit pertama di kerajaan yang terpencil dan terbelakang tersebut tetapi
masalah kesehatan menghalangi dia untuk tinggal. Pada saat ini rumah sakitnya
dioperasikan oleh Mission dekat ibukota timbul dan dilengkapi dengan tenaga
seorang dokter Inggris beserta istrinya dan Seorang perawat Inggris yang
berpengalaman dari India. Orang-orang Kristen dari daerah Darjeeling bekerja
sebagai tenaga staf dan perawat nya yaitu ibu Clark, merencanakan untuk membuka
sebuah klinik yang lain.
Sejarah
misi Katolik
Pelayanan Katolik di Bhutan, Yang juga baru
saja dimulai, terbatas pada sebuah sekolah Putra Roma Katolik yang bertumbuh
dengan cepat, yaitu Santo Xaverius, di Thimbun. Sekolah tersebut dijalankan
menurut cara-cara cambridge oleh sebuah kelompok jesuit dari
Kanada.Bagaimanapun juga, pada masa yang silam banyak kerajaan raja Bhutan
telah belajar di sekolah Santo Joseph di Darjeeling, India, dimana tempat
sebuah Gereja Katolik yang besar. Beberapa upaya Katolik untuk menerobos hutan
telah datang dari markas ini .
Negara dan Bangsa
Misteri di sekeliling "kerajaan
pertama" di awan-awan ini dijelaskan baik oleh keadaannya yang terisolasi
Secara geografis maupun oleh Semangat Kemerdekaan yang dahsyat dari para
petaninya yang penduduk gunung dari Mongolia dan Tibet. Sebelum Cina merah
menaklukan Tibet pada tahun 1959, kerajaan Tibet yang sama-sama terpencil ini
adalah rekan perdagangan yang utama bagi putan dan juga Sumber berita serta
Mitra pertukaran budaya. Secara history dan bahkan lebih terpisah sendiri daripada
Tibet. 11 hubungan lainnya dengan dunia adalah sepanjang
jalan perdagangan yang sempit dari India
Utara.
India sekarang bekerjasama dengan
hutan dalam mendirikan industri industri modern di negara tersebut. Sebuah pabrik
pengawetan buah-buahan dan sebuah tempat penyulingan beroperasi di Samchi, dekat perbatasan di Bhutan sebelah barat daya. Berbagai
industri rakyat berskala kecil di Bhutan yang menghasilkan Tekstil,
barang-barang dari kayu, produk-produk dari kertas, barang-barang dari kulit
dan barang-barang dari logam serta di modernisasi. Dengan demikian perkembangan
ekonomi dan budaya Bhutan saat ini bergantung pada stabilitas persahabatan India
dan Bhutan titik jikalau hubungan Ini terus bertumbuh, Bhutan pasti akan makin lama makin makmur.
Agama-agama Nasional
Peranan amat kuat yang dimainkan agama sejak
dahulu dalam kehidupan rakyat hutan bisa terlihat dimana-mana. Bendera nasional
Bhutan "Negeri naga", memperlihatkan seekor naga Guntur yang sedang
mengeram diaplikasikan di atas suatu bidang yang terbagi secara diagonal
separuh bagian berwarna kuning cemerlang (mewakili otoritas sekular dari sang raja) dan separuh bagian yang lain berwarna orange
yang menyala (agama Buddha). Keseimbangan ini tampak juga pada menteri
nasional, di mana Permata Bunda dengan "8 titik melambangkan 8 jalan" menghiasi seluruh bentuk titik penekanan pada
agama tidaklah mengherankan. Dengan demikian meditasi pembacaan ayat kitab suci
dan mantra tantric Hindu dan Buddha Mahayana merupakan inti agama orang Bhutan
pada saat ini.
Harapan
Bagi Misi Kristen
Kota Kalimpong di perbatasan India sudah lama
merupakan pusat Berbagai usaha untuk menjagakau Bhutan ( Dan juga Nepal dan
sikhim) dengan Injil. Pada tahun 1891 misi Skotlandia Dika Limpo memulai suatu
misi Di Bhutan dan salah satu surat doa mereka menggambarkan rakyat di situ
sebagai "bangsa yang paling dursila di dunia". Seorang misionaris
Skotlandia,A.K.Graham, yang kemudian melakukan banyak usaha untuk mempengaruhi
banyak rakyat hutan di daerah perbatasan Bagi Kristus menulis pada tahun 1895
bahwa mereka waktu itu berada "pada ambang pintu dari negara-negara
tertutup ini".
Bhutan sangat ingin membuka jendela jendelanya
bagi angin segar modernisasi titik seorang pejabat berkata kepada saya,
"Kami takut perkembangan kami terbelakang. Namun banyak orang tetap takut terlalu cepat ". Ketakutan ini,
digabungkan dengan prasangka-prasangka keagamaan anti Kristen yang tersebar
luas kemungkinan akan terus memperlambat penginjilan di hutan dan menghambat
berbagai mukjizat lebih lanjut dari campur tangan Ilahi titik tetapi
pertumbuhan yang menakjubkan baru-baru ini dari sebuah Gereja Kristen Nepal
yang kecil di negara tersebut merupakan suatu pertanda untuk mengobarkan doa
dan iman bagi negara mungil tersebut pada waktu yang tepat ini.
BAB V
BRUNAI
Oleh Peter Hsieh dan Russell Self
Pendahuluan
Bagaikan dua gigi bertakuk, negara kecil Brunei terletak di
pantai utara Pulau Kalimantan yang berlekuk pada pertengahan nya. Pada kedua Sisinya
terletak dua negara bagian di Malaysia Timur yaitu Serawak dan Sabah. Pada
sepanjang 75 mil yang kaya endapan minyak itu menghadap ke Laut Cina Selatan.
Negara itu membentang 50 mil ke daerah hutan dan gunungnya yang dihuni oleh
Rp15.000 dari berbagai suku titik kelompok-kelompok yang utama adalah suku dusan
kedamaian dan Iban titik lebih dari separuh
penduduk Brunei yang berjumlah 145.000
orang adalah orang Melayu yang memberikan dasar berpijak agama Islam kepada
negara tersebut. Kelompok yang sisa adalah
suku Kalimantan yang dahulu dianggap terletak jauh terpencil dan imigran Cina
yang selama bertahun-tahun telah menambah sekitar 25% dari penduduk dan
merupakan pengusaha .
Peter Hsie sekarang adalah
sekretaris umum dari Lembaga Alkitab Singapura didik sebagai tamatan
Universitas fukien dan Western srte Union Theological Seminary (Amerika
Serikat), dia selama ini menjadi pendeta gereja Presbyterian di Malaysia dan
dekan darinTrinity Theological College,Singapura.
Gereja
pada saat ini
Orang-orang Kristen Brunei kebanyakan adalah
orang Cina dan para pekerja pendatang di industri minyak yang terus bertumbuh
dan berjumlah sekitar 4300 orang, atau sedikit lebih banyak dari 3% seluruh
penduduk. 80% dari mereka ini adalah penganut Roma Katolik. Kelompok Protestan
tertua yang dominan adalah anglican karena hubungan history Brunei dengan
Inggris. Pada dekade yang lalu dua kelompok Kristen berorientasi yang dinamis
dan mandiri setelah didirikan di ibu kota Bandar Seri kebangkitan di sebuah
rumah pada tahun 1964 Bethel chapel telah berkembang menempati sebuah flat seawan
dengan pengunjung
setiap minggu rata-rata 75 orang.
Kelompok Kristen Mandiri lain yang mengadakan
kebaktian di sebuah flat lantai kedua di jantung ibukota, dikenal sebagai
persekutuan Kristen Brunei. Disitu ada sekitar selusin orang percaya. Dengan bantuan
gres Chapel di Manila persekutuan orang Kristen Brunei sedang melakukan
beberapa pelayanan yang sangat efektif di antara suku-suku itu.
Sejak tahun 1971 sekitar 40 orang Kristen dari
Korea yaitu para pekerja pendatang di ladang-ladang minyak, mengadakan
kebaktian dengan gembala sidang mereka sendiri di Sungai Liang.
Kelompok-kelompok Protestan lainnya termaksud Little Flock (kawanann kecil)
Cina pribumi dengan kurang lebih 20 anggota, dan gereja-gereja true Yesus.
Misionaris yang bukan Katolik di
negara ini hanya 2 pekerja titik Dengan demikian beberapa kelompok Kristen
injili di Brunei semuanya kecil dan kurang memiliki kepemimpinan yang kokoh
tidak ada satupun pekerja Kristen nasional purnawaktu di Brunei.
Negara Dan Bangsa
Walaupun distribusi kekayaan dan bangsa tidak
merata di Brunei, tidak ada kekurangan dalam bidang ekonomi titik bagi sebagian
besar orang hidup sangat mudah walaupun mobil per kapita penduduk dianggap sangat tinggi untuk
sebuah negara kecil semacam itu. Standar hidup yang relatif tinggi di Brunei
sebagian besar didasarkan pada ladang-ladang minyak nya. Pada tahun 1929 ladang minyak yang pertama dibuka di Serea,
dan sejak penemuan-penemuan di lokasi lepas pantai sangat berhasil. Hasil minyak mentah melampaui 100 juta us dolar per tahun,
dan dengan krisis energi dunia saat ini maka suatu pemasukan kan yang besar dan
tetap dijamin untuk perkembangan negara pada masa yang akan datang.
Banyak diantara generasi yang lebih
tua masih tidak dapat membaca dan menulis, tetapi pihak pemerintah sedang
melakukan segala sesuatu yang mungkin untuk meningkatkan pemberantasan buta
huruf. Dari suatu presentasi
yang rendah 26% pada tahun 1947 orang yang melek huruf telah melompat menjadi
47% pada tahun 1960 dan terus meningkat secara tetap. Sebagian besar anak
mendapat pendidikan sekolah dasar; pendidikan tingkat menengah tersedia titik,
dan ada satu institusi perguruan. Pendiri sebuah universitas di Brunei sedang
dibahas persoalan yang penting nanti ialah pendayagunaan yang bermanfaat dari
para tamatan sekolah itu pada masa yang akan datang melalui perkembangan
struktur struktur ekonomi yang baru.
Melayu adalah bahasa nasional dan Inggris
adalah bahasa terpenting kedua. Sekolah-sekolah yang lain menggunakan bahasa Cina. Pada
tahun 1971 subsidi oleh pemerintah dihentikan kepada semua sekolah swasta,
tetapi pemerintah hampir tidak mencampuri program karena standar-standar mereka
yang tinggi.
Sejarah
Nasional
Brunei adalah sebuah negara yang sudah lama berdiri
di dunia Melayu sejak tahun 600 M. Sejarah Cina menceritakan tentang beberapa kunjungan para
Utusan dari suatu negara yaitu jauhnya 45 hari pelayaran dari Cina. Mooi,
seorang sejarawan menyatakan bahwa
Brunei berasal dari bahasa Sansekerta, yang menunjukkan pengaruh Hindu. Ketika
agama Islam datang baru Brunei mulai mencatat sejarahnya. Urutan yang pertama
adalah Sultan Muhammad yang memeluk agama Islam saat menikah dengan seorang
putri dari Johor. Selama masa pemerintahan Sultan Bolkiah pemerintah Brunei
katanya meluas sampai ke Filipina.
Sultan yang memerintah adalah Kepala negara
dan ia memilih Dewa legislatifnya sendiri. Pemerintah Inggris melalui komisaris
tinggi yang ada memberikan nasihat mengenai urusan urusan Luar negeri dan
keamanan. Pada Oktober 1967 Sultan menyerahkan terima kasih tahtanya kepada
putranya yang menjadi Sultan Hassanal Bolkiah.
Meskipun agama negara di Brunei adalah Islam
Sultan bersikap toleran terhadap agama-agama lainnya. Pada tahun 1973 dia
menegaskan kembali kebijakan ayahnya bahwa kelompok-kelompok gereja yang ada
harus dihormati dan bahwa tidak ada kelompok-kelompok misi baru yang diizinkan
masuk. Para penginjil dari Asia yang berkunjung tidak mengalami kesulitan untuk
melayani melalui gereja-gereja yang ada.
Sejarah
Kristen Dan Masa Depannya
Terlepas dari misi anglikan kecil yang adalah
hasil pendudukan Inggris pada abad 19 komunitas-komunitas Kristen di Brunei
hampir seluruhnya merupakan para pendatang dari Hongkong dan dari provinsi tukien Di Cina. Beberapa orang Kristen dalam
perjalanan ke luar negeri mendorong para pelayan Injil untuk berkunjung ke
Brunei dan membantu bersaksi disana titik Beberapa diantara mereka ini datang
sebelum Perang Dunia II walaupun kebanyakan datang sesudah itu.
Jika ingin gereja itu bertumbuh, kaum awam
setempat harus dilatih untuk memikul tanggung jawab bagi penginjilan. Kawula
Muda Kristen harus diutus ke luar negeri untuk dididik titik sarjana bersaksi
bentuk baru seperti dan perkumpulan-perkumpulan di Kampus harus dikembangkan
titik dengan tidak diizinkan nya misionaris baru. Maka gereja dalam negeri
bagaimanapun juga harus diperbaharui untuk menginjili negeri yang mungil ini.
Bab IV
Burma( Myanmar)
Oleh William d. Hackett
Pendahuluan
Dikenal dalam sejarah misionaris sebagai kubu
si gagah berani Judson di Asia (Judson Adalah misionaris asing pertama di Amerika Utara). Burma terus berada
dalam keadaan rusuh sejak pendudukan Jepang pada tahun 1942. Walaupun akhir
dari Perang Pasifik membawa kemerdekaan dari pendudukan Jepang dan juga dari
realisme Inggris, kurang itu membuat negara tersebut menjalani perebutan
kekuasaan yang pahit antara golongan-golongan dari para pemimpin nasional yang
tidak berpengalaman.
Konflik secara paksa diakhiri oleh sebuah
kudeta militer pada tahun 1965 dan ditetapkannya "Burma menuju
sosialisme". Hal ini membuat pada
tahun 1966 terjadi pengusiran bukan hanya terhadap semua misionaris asing.
Tetapi juga terhadap semua orang asing, dengan demikian menutup kesempatan bagi
negara dan gerejanya untuk berhubungan dengan dunia luar. Tetapi akhirnya pada
bulan Juni 1970 saya bisa mengunjungi para pemimpin Kristen di Burma dan
mengadakan suatu penyelidikan mendalam mengenai pekerjaan Allah selama 4 tahun
yang tanpa berita itu.
Gereja Pada Saat Ini
Ini semua pemimpin gereja terkecuali para
Uskup Roma Katolik menyatakan bahwa sejak kemerdekaan terdapat pertumbuhan
keanggotaan gereja secara lambat tetapi tetap. Beberapa angka yang dapat mereka
berikan tampaknya menunjukkan suatu kenaikan 2 sampai 2,5% per tahun selama 5
tahun belakangan ini. Pada tahun 1972 kenaikan jumlah anggota yang dibaptiskan
ialah 3%, dengan pengolahan sebuah gereja baru setiap minggu titik pada tahun
1974, kaum baptis mencatat 10.450 anggota baru.
Banyak orang melaporkan adanya Respon yang
membesarkan hati terhadap pemberitaan Injil di antara kaum Budha dan animis dan
sejumlah besar orang yang bertobat di banyak tempat. Para pemimpin gereja itu
memberikan kesan bahwa, mengingat berbagai penyesuaian gereja itu memberikan
kesan bahwa, mengingat berbagai penyesuaian yang terpaksa dibuat oleh setiap
denominasi. Setelah semua tenaga asing dikeluarkan angka pertumbuhan selama ini
bagus.
Orang-orang Kristen dapat memberikan pengaruh
pada total masyarakat jauh melampaui kekuatan mereka dalam angka titik karena
mereka seringkali dikaitkan dengan para penguasa kolonial Inggris terdapat
suatu masa setelah kemerdekaan ketika mereka dicurigai sebagai tidak memiliki
semangat yang cukup nasionalistis. Untuk beberapa waktu lamanya nasionalisme dan
Budha digolongkan bersama-sama; misalnya seorang Burma yang baik ialah seorang
Buddha yang baik titik tetapi karena banyak orang Kristen telah mengabdi dengan
setia di dalam
ketentaraan pamongpraja persekolahan, dan profesi dokter Maka terdapat sikap yang
lebih toleran pada tahun-tahun terakhir ini.
Banyak pemimpin khususnya pada tingkatan lokal
di daerah daerah perbatasan adalah orang-orang Kristen dan mempunyai pengaruh
yang besar dalam urusan-urusan setempat. Walaupun tidak ada satupun orang
Kristen dalam dewan revolusioner ada banyak orang yang melayani di dalam
jabatan-jabatan administrasi yang tertinggi di departemen-departemen
pemerintahan di seluruh negara tersebut.
Ne win telah menyatakan setuju terhadap
kebebasan beragama. Pemerintahan membatalkan rancangan undang-undang yang
diajukan untuk menjadikan Buddha sebagai agama negara. Tetapi bagaimana dengan
kesehatan gereja itu sendiri di Burma saat ini hampir satu dekade setelah
revolusi, bagaimana
sikap dan ruang lingkup gereja Protestan dan berbagai kegiatannya? bagaimanakah pengaruh pengusiran para misionaris terhadap
pelayanan gereja?
Hampir semua denominasi gereja di Burma pada
saat ini dapat diklasifikasikan secara teologi sebagai konservatif, kalau tidak
fundamentalis. Kelompok-kelompok Kawula Muda, perkumpulan wanita, dan
organisasi organisasi gereja lainnya dengan sepenuhnya atau sebagian membiayai
para pekerja penginjilan diantara orang-orang yang terlalu miskin untuk
membiayai pendeta mereka sendiri. Menurut pendapat gereja-gereja Burma tidak
ada tandingannya dengan dalam Pengabdian mereka pada misi penginjilan mereka.
Pelatihan kepemimpinan untuk pelayanan Kristen purna waktu telah dan
terus merupakan perhatian utama gereja-gereja. Burma adalah salah satu di
antara sedikit negara di dunia dimana terdapat lebih banyak pendeta dan
penginjil yang terlatih daripada gereja yang terorganisasi dengan hasilnya
benar-benar ratusan anak muda ditempatkan di desa-desa non Kristen untuk
memenangkan baik pria maupun wanita Bagi Kristus dan untuk akhirnya membentuk
gereja-gereja baru. Mungkin ada akan memakan waktu 12 sampai 15 tahun tetapi
mereka mendapat dukungan finansial dan doa dari sebuah kelompok sampai tugas
itu diselesaikan. Konvensi Baptis Burma saja mendirikan 12 seminari dan sekolah
sekolah alkitab dan pada bulan Juni 1970 ada hampir 1000 mahasiswa di
sekolah-sekolah ini lembaga-lembaga pelatihan yang serupa dari denominasi
denominasi lainnya termaksud kaum Katolik yang sangat terlambat memasuki bidang
ini sekarang mendaftarkan lebih banyak mahasiswa daripada sebelumnya
orang-orang yang melamar pada seminar-seminar sekarang lebih tinggi
pendidikannya daripada yang sebelumnya dengan banyak yang memegang gelar
sarjana muda dalam bidang ilmu sosial, hukum atau pendidikan.
Kesempatan
kesempatan dan kebutuhan-kebutuhan
dalam penginjilan saat ini
Sampai sekarang sudah berada dalam ujian yang
berat selama hampir tiga dekade titik tidak seorangpun di antara Kawula muda
dan hanya sedikit diantara orang-orang tua mereka pernah mengenal suatu
kehidupan tanpa ketidakpastian. Sebagian besar orang-orang Kristen adalah
anggota dari gereja-gereja pedesaan, dan selama puluhan tahun daerah-daerah
pedesaan berada diluar pengawasan pemerintah yang efektif. Walau demikian,
sepanjang tahun penduduk Jepang serta pemberontakan- pemberontakan yang
kemudian terjadi sejak kemerdekaan gereja terus bertumbuh pada suatu angka
tahunan yang tetap yaitu 2,7 sampai 3% sebagian besar di antara
kelompok-kelompok suku.
Laporan laporan mengenai respon terhadap
pelayanan penginjilan diantara orang lebih jarang; orang masih tidak mau
bertaubat di antara penduduk yang mayoritas beragama Buddha itu. Beberapa
pemimpin karena merasa bahwa mereka harus melakukan suatu usaha besar Untuk
menjangkau orang-orang Burma, tetapi ketakutan-ketakutan yang bercokol secara mendalam di antara kelompok-kelompok
etnik merintangi usaha pemberitaan
tersebut. Meskipun demikian sebuah program pokok Kristen, yang dimulai
kendatipun mendapat tantangan besar di sebuah daerah pinggiran kota Rangoon.
Beberapa tahun yang silam, telah memenangkan 120 orang baru dari antara orang
Burma penganut Buddha, beberapa diantara mereka mempunyai status yang tinggi di
dalam masyarakat.
Selalu ada penitikberatan pada penginjilan
kaum awam Banyak kaum awam telah berubah dan bersaksi dengan kemampuan yang
sama seperti pendeta. Penekanan baru sekarang
diletakkan pada bersaksi orang perorang dan banyak gereja mengadakan
kelas-kelas dengan berbagai metode. Deklarasi kebebasan beragama oleh dan
dengan revolusioner memberikan kebebasan untuk berkhotbah untuk membagikan
buku-buku dan brosur brosur untuk berusaha menarik orang masuk Kristen dan
untuk melaksanakan kegiatan-kegiatan penginjilan dibatasi hanya oleh kondisi
kondisi yang tidak pasti di dalam negeri dan larangan mengadakan perjalanan ke
daerah-daerah perbatasan yang dikuasai pasukan pemberontak. Kelihatannya ada
toleransi agama yang sungguh-sungguh di antara golongan yang lebih besar dalam
komunitas Buddha dengan mengijinkan orang-orang Kristen bersaksi asalkan mereka
tidak menyinggung perasaan keagamaan para penganut Buddha.
Sejarah pertumbuhan gereja di Burma penuh
dengan kisah-kisah mengenai orang-orang Kristen generasi pertama yang telah
mengadakan berbagai proyek misi sampai ke perbatasan perbatasan paling jauh di
negeri itu. Ko Tha Byu, seorang yang berbalik menjadi Kristen menjadi seorang
penginjil Karen yang hebat dan orang-orang Karen telah mengikuti teladannya
dengan menjangkau kelompok-kelompok etnik lainnya dengan berita Injil. Jadi gereja di Burma
mempunyai sejarah usaha misionaris yang telah menetapkan sasaran-sasaran untuk
saat ini.
Banyak orang yang berkunjung ke Burma dalam
beberapa tahun yang silam telah pulang dengan perasaan tergetar oleh visi yang
berlanjut dari para pemimpin gereja Burma yang baru dan giatnya komunitas
Kristen. Berbagai rencana untuk memperluas pelayanan misi dalam negeri kepada
semua kelompok etnik yang besar dan beberapa yang kecil telah berhasil.
Konvensi dan Konferensi nasional,Perkumpulan-perkumpulan daerah, gereja-gereja
individual himpunan Usahawan Kristen, perkumpulan wanita dan bahkan para
anggota gereja individual menyokong ratusan pekerja di bidang misi dalam negeri
itu. Tinjauan atas negara Burma Berikut ini akan menolong menjelaskan
lingkungan kontemporer di mana Gereja Burma yang penuh keberanian sedang
mengabarkan Injil.
Negara dan bangsa
Serikat rumah dengan luas daerah 262.000 mil
persegi, ialah negara terbesar di dataran Asia Tenggara titik negara tersebut
berbagi perbatasan yang panjang di sebelah timur dengan Thailand di sebelah
timur laut dengan Cina, dan di sebelah barat laut dengan India dan juga
perbatasan perbatasan yang lebih pendek dengan Laos dan Bangladesh di sebelah
timur dan barat. Tidak pernah diadakan sensus penduduk selama bertahun-tahun
tetapi pada tahun 1971 itu diperkirakan jumlah penduduk adalah 28.400.000 jiwa
kepadatan penduduk kira-kira 103 jiwa per meter persegi dan angka
pertumbuhannya diperkirakan 2,3% per tahun.
Sekitar 19.500.000 orang Burma merupakan
kelompok etnik yang paling besar. Bergantung pada bagaimana
mereka diklasifikasikan dan dikelompokkan bersama-sama kelompok kelompok etnik
yang besar lainnya adalah sekitar 3000.000 orang keren, 1.500.000 orang San,
500 juta orang Chin, 500 juta orang kachin,500 juta orang Cina, 500 juta orang
India dan Pakistan, dan sejumlah kecil kelompok etnik yang kemungkinan semuanya
mempunyai hubungan jauh dengan kaum Burma Tibet yang asli.
Bahasa Burma, yang berkaitan dengan bahasa
Tibet dan bahasa Cina merupakan bahasa
nasional resmi dan dengan cepat menjadi bahasa umum di sebagian besar wilayah
negeri itu walaupun masih ada kira-kira 128 bahasa dan dialek lain yang dipakai
titik kekacauan bahasa ini dipergunakan untuk menindas pemberontakan, telah menyebabkan
kelompok-kelompok etnik mempertahankan
identitas kebudayaan mereka waktu menghadapi program-program pemerintah yang
hendak Menetapkan suatu identitas nasional dan juga lah ikut menimbulkan
konflik antar etnik yang telah mengganggu Burma sejak kemerdekaannya pada bulan
Januari 1948.
Pada tahun 1866 waktu Inggris menyerbu Burma
bagian pegunungan tinggi orang-orang Burma di pegunungan rendah mengambil
kesempatan untuk memberontak. asal usul etnik di Burma paling rumit.
Orang-orang Melanesold, Negrito, veddoid yaitu kaum nomaden yang adalah petani
petani di lereng gunung yang berbicara dengan sejumlah dialek yang berbeda,
termasuk berbagai tipe kaum Karen, Lahu,Wa dan kachin telah mendiami negeri itu
sebelum zaman kristus.
Asal-usul etnik di Burma paling rumit. orang-orang
Melanesoid negrito dan veddoid yaitu kaum Nomaden yang adalah petani petani di
lereng gunung yang berbicara dengan sejumlah dialek yang berbeda, termasuk
berbagai tipe kaum Karen, Lahu dan lainnya mendiami negeri itu sebelum zaman
Kristus. Menjelang abad XIX kaum Burma mendirikan sebuah ibukota di pagar dan mereka
menaklukkan orang-orang asing atau penampung orang-orang tersebut. Selama VIII
abad berikutnya nasib kerajaan Burma mengalami pasang-surut karena berbagai
kontak dan konfliknya dengan banyak negara tetangga yang menyerap Banyak ide
dan bentuk kebudayaan yang baru. Yang cukup penting diantaranya ialah agama
Budha dan simbol-simbol kekuasaan raja yang berasal dari aliran-aliran Hindu.
Kemudian dalam kontaknya dengan negara-negara
Barat ke Burma sayangnya harus berurusan dengan para gubernur jenderal
India yang mengurus kerajaan dan dalam rangkaian tiga peperangan selama 60
tahun rumah ditaklukan oleh Inggris dan akhirnya jatuh di bawah kekuasaan
Kolonial pada tahun 1855. 63 tahun berlangsung sebelum Burma ditaklukan oleh
Inggris dan akhirnya kembali menjadi merdeka, dan selama kurun waktu kekuasaan
Kolonial tersebut negara itu menderita kehancuran sosial dan kemunduran
kebudayaan yang hebat. Tetapi sebelum jalan ini membawa banyak lalu lintas
tentara Jepang mencaplok Burma dan sarana-sarana lain untuk mengirim pembekalan
kepada kaum nasionalis Cina harus dikembangkan. Selama hampir 2 tahun sebelum
perbekalan masuk melalui udara pesawat C-47 yang terkenal mondar-mandir dari
India timur laut ke kunming.
Daerah-daerah yang dahulu tidak
dapat dijangkau terkecuali dengan lembu beban atau kereta bagal sekarang menjadi
jalan lebar dengan permukaan yang berbatu Kerikil dan bertahan dalam segala
cuaca. Sejumlah besar suku suku yang sangat primitif di daerah ini terjun ke
dalam peperangan modern dan menghancurkan berbagai situasi kebudayaan titik
tetapi jalan tersebut juga menjadi jalan untuk menyampaikan injil, dan banyak
dari gereja-gereja dan konferensi-konferensi gereja di Burma Utara mengutus
para misionaris ke daerah ini titik dalam beberapa kasus seluruh daerah Kristen
berpindah ke tanah yang bagus di sepanjang jalan Burma dan memberitakan Kristus
kepada suku-suku animistis yang belum pernah dijangkau. Sedikit saja di antara
suku-suku ini yang merupakan pengayau, dengan menaruh tulang tengkorak
musuh-musuh mereka pada tiang-tiang di depan rumah-rumah suku. Mereka dengan
keyakinan bahwa dengan berbuat demikian mereka memperoleh bantuan roh-roh dari
orang-orang yang dipenggal kepalanya itu untuk melindungi desa.
Dengan demikian peperangan membuka negara
tersebut bagi Injil, dan sejak itu kaum kah Cin, naga, dan Karen yang beragama
Kristen telah mendirikan gereja gereja dan sekolah sekolah di sana dan mengutus
anak-anak muda yang menjanjikan untuk memperoleh pendidikan di sekolah sekolah
alkitab dan seminari seminari. Kelompok pertama dari
para pemimpin yang sudah dididik ini sekarang kembali di antara orang-orang
mereka.
Pemerintah militer yang baru
Meremehkan pola pemerintahan yang konstitusional. "Burma menuju
sosialisme," yaitu ideologi revolusi sosial, setelah diadakan dengan kejam
dilaksanakan oleh kekuatan militer. Bisnis bisnis swasta yaitu tanah, pabrik,
tokoh-tokoh, dan bioskop-bioskop disita. Semua lembaga medis dan pendidikan
dinasionalisasikan;
●
Pemerintah mengambil alih semua aset tetapi membiarkan
tanggung jawab dipikul oleh para pemilik terdahulu titik pemerintah tersebut
memenjarakan para lawan politik tanpa diadili selama 6 tahun dan dengan kasar
mendiamkan para perancangnya dalam bidang bisnis dan seringkali dengan menaruh
mereka dalam tahanan. Hal tersebut membuat
sistem pengadilan sipil melayani tujuan revolusi.
●
Kaum
nasional Burma dilarang meninggalkan negeri kecuali berbagai Wakil pemerintah
yang resmi, dengan demikian kontak-kontak internasional diputus. sampai tahun
1970 tidak ada visa wisata yang dikeluarkan titik tidak ada buku-buku yang
dicetak dalam bahasa-bahasa Burma yang dapat diimpor atau dijual dan pelitnya
pemberian izin impor untuk buku-buku dalam bahasa-bahasa lain secara efektif
memotong bahan-bahan bacaan.
●
"Rumah
menuju sosialisme" sebagaimana dikemukakan oleh "dewan
revolusioner" pimpinan Ne Win Menekankan posisi kaum petani di dalam
masyarakat tetapi tidak bergerak kearah menjadikan tanah sebagai milik bersama.
tingkat dan kondisi ekonomi secara umum sangat buruk titik produksi pertanian
rendah, sebagian disebabkan karena para petani kurang percaya pada sistem
sosialis. Persediaan uang berada pada tingkat yang tinggi yang belum pernah
terjadi sebelumnya, dan harga-harga telah membumbung dari 300 menjadi 500%
Diatas Normal. Produksi Industri menurun karena kekurangan bahan bahan mentah
dan suku cadang mesin dan karena tidak disiplinnya tenaga kerja.
Angka-angka statistik tidak dapat dipercaya
titik surat kabar yang dikuasai pemerintah yaitu "working people
Daily"melaporkan Pada tanggal 16 Januari 1969:
Kelihatannya ada suatu
kecenderungan yang tidak sehat untuk menyembunyikan kenyataan banyak orang takut
mengalami bahayanya jika kebenaran di
singkapkan akibat ialah timbul kemunafikan dan penipuan fakta menunjukkan bahwa
seluruh ekonomi bergantung pada produksi dan ekspor beras angka-angka ekspor
telah menurun tajam sejak tahun 1959 laporan anggaran belanja negara tahun 1968
sampai 1969 memberikan angka-angka ini
rata-rata masa sebelum perang tahun 1937 sampai 1940 2,608 juta ton: 1959 1,77
juta ton 1968 0,34 juta ton titik Dalam Seminar petani pada tahun 1968 alasan
terjadinya kondisi ini katanya adalah perlunya lebih banyak peralatan pertanian
benih-benih yang unggul air untuk ladang-ladang makanan hewan untuk kerbau,
fasilitas-fasilitas pemasaran keamanan dan Komisi pertahanan yang jujur.
Dalam beberapa hal kondisi politik sekarang
kelihatannya lebih rela secara berulang-ulang menekankan kepemimpinan kolektif
dan pemerintahannya mendesak agar tentara harus berpartisipasi dalam urusan
urusan sosial serta melahirkan kesadaran politik. Ada anjuran agar pemerintah berpartisipasi melalui golongan-
golongan baru dalam masyarakat. Banyak tahanan
politik telah dilepaskan dan sebagian diminta untuk memberikan nasihat pada
pemerintah militer. Beberapa kecaman terhadap
kebijakan-kebijakan pemerintah negara telah diizinkan dimuat dalam surat kabar
dan telah mengakui bahwa tentara mungkin telah berbuat salah dalam
bidang-bidang tertentu. Tetapi pada dasarnya
kebijakan partai mengikuti petunjuk para pemimpin sayap kiri.
Pada saat yang sama para penghambat di
Thailand berkeyakinan bahwa berbagai kegiatan pemberontakan meluas sampai
melebihi 40% dari negara itu James Dalton yang menulis dan dan menyatakan:
Sebagian besar mantan pemimpin
politik negara itu berada di dalam pengasingan, atau bergabung dengan
kelompok-kelompok pemberontakan bersenjata, atau dipenjarakan, atau dikenakan
tahanan rumah di daerah. Pemerintah bergantung
pada ideologinya yang radikal untuk membentuk kembali seluruh rakyat Burma,
menjadi kaum sosialis dan nasionalis singkatnya minoritas minoritas etnik
menghadapi suatu situasi di mana pemerintah nasional di tampaknya merupakan
penguasa yang paling tidak simpatik diantara semua yang pernah memegang
kekuasaan serta kemerdekaan pada Tahun 1948.
Media massal di Thailand dan
Hongkong melaporkan secara luas berbagai kegiatan pasukan tentara merah Cina di
Burma timur laut pada permulaan tahun 1970. IX pertempuran besar diakui oleh
tentara Burma, dan sumber-sumber lain di Burma melaporkan lebih banyak lagi
titik Beberapa perang saudara yang nonkomunis oleh kelompok-kelompok etnik
melawan pemerintahan revolusioner setelah di negeri tersebut menjadi
golongan-golongan, dengan demikian membuatnya lebih mudah mendapat tekanan
tentara merah Cina.
Seperti banyak negara di Asia Tenggara telah
dipengaruhi oleh ideologi Marxisme. Sebelum Perang Dunia Ke-II perhimpunan
mahasiswa Universitas di mohon merupakan pusat bagi gagasan Community tetapi
sukar untuk memperkirakan pengaruh ide-ide tersebut karena juga merupakan
tempat bercocok nya nasionalisme serta gerakan kemerdekaan. Nasionalisasi ialah
fondasi dari doktrin tauhid dan kesejahteraan sosial ialah sasarannya;
Penghancuran sistem kapitalis tidak terpikirkan. Selama bertahun-tahun Burma
telah memandang ke China sebagai arena dari suatu eksperimen baru yang besar
dalam perubahan sosial dan telah mencontoh bagi programnya berdasarkan apa yang
dilihat oleh para pemimpin Burma dalam sejumlah kunjungan ke China. Dengan
daerah perbatasan yang panjang, yang tidak dijaga Burma memilih bersikap Netral
dengan berharap agar tidak menjadi arena pertempuran antara ideologi barat dan
komunis.
Beberapa pengamat menafsirkan serangan
langsung baru-baru ini oleh tentara merah Cina di Burma timur laut sebagai
suatu pengakuan oleh packing bahwa penyusupan komunis selama ini tidak
berhasil.
Agama-Agama Nasional
Agama terjalin secara kuat dengan struktur
masyarakat berupa; kepercayaan dan praktik-praktik keagamaan menyatu dengan
kehidupan keluarga masyarakat dan bangsa. Hal ini berlaku baik untuk
kepercayaan tradisional agama Buddha maupun animisme. Sebetulnya agama Buddha
masih percaya pada roh-roh yang merupakan kepercayaan tradisional sebelum agama
Buddha diperkenalkan kepada orang Burma pada abad 11 oleh pendiri ke kaisaran
kafir. Spritisisme digabung dengan Magicom berbagai pertanda, dan tanda-tanda
astrologis. Sesuatu
yang bersifat melindungi diletakkan pada suatu tempat yang strategis misalnya
di menara penjaga atau di pintu gerbang dengan cara menguburkan seorang korban
yang malang secara hidup-hidup di dalam pondasinya. Yang telah diambil hatinya
sebelum suatu tindakan yang penting diambil. Kekebalan dapat dicapai dengan
mentato gambar-gambar tersebut pada lengan atau punggung, dan obat-obatan gaib
digunakan untuk tujuan perlindungan.
Opini umum menganggap ketaatan beragama
sebagai suatu kewajiban yang hakiki.
Pejabat pemerintah yang tertinggi atau pegawai
pegawainya yang terendah tidak akan melewati kuis tanpa berhenti untuk memberi
hormat dengan membungkukan badan. tuduhan yang
paling serius terhadap kaum komunis adalah bahwa mereka menghina kepercayaan kepercayaan
agama. Beberapa penganut marxist di dalam pemerintahan secara hati-hati
menyatakan kepercayaan mereka bahwa materialisme berdasarkan dialektika dan
Nirwana dapat diselaraskan.
BAB
VII
CINA
(REPUBLIK
RAKYAT CINA)
Selama 25 tahun misterius relative
telah menyelimuti kondisi yang sesungguhnya dari jemaat Yesus Kristus di RRC.
Informasi yang diperoleh tidak lengkap dan kadangkala malah bertentangan.
Berbagai Gerakan dan sikap politik
sering kali berubah secara radikal. Bagaimanakah keadaan gereja pada saat ini.
Orang-orang yang telah mengunjungi
Cina pada awal tahun 1970-an semuanya berbicara tentang suatau bangsa yang
“sangat penuh energi, tekun, memperlihatkan tenaga gerak, terlibat secara
kolektif dalam tugas-tugas yang berat untuk pembangunan bangsa, namun cirinya khasnya adalah ramah tamah,
bersahabat dan
terbuka kepada para pengunjung dari luar negeri.” Di sana tampaknya tidak ada
kelaparan ataupun kemiskinan.
Suatu kehampaan rohani yang hebat
telah diciptakan di dalam hati ratusan juta orang yang telah diciptakan menurut
gambar dan rupa Allah. Dan kehampaan ini pada akhirnya akan membuktikan
keruntuhan segala sesuatu yang oleh para penganut Mao telah dicoba untuk
melakukan dengan maksud untuk menciptakan kembali manusia. Karena manusia akan
terus merasa dunia ini dibayangi (yang kudus) dan akan mencari-cari kemana-mana
untuk menemukan Sang Mahatinggi. Manusia akan terus merasakan struktur etis
dari hakikatnya dan akan berusaha keras mengatasi soal kebenaran dan kesalahan,
suara hati dan keharusan. Dia tidak akan pernah tenang sebelum dia melalui
Yesus Kristus bertemu dengan Oknum yang
membayangi alam semesta yang adalah juga pengatur moral alam semesta.
Rupanya beberapa orang di Cina
sudah bertemu dengan yang harus
diperhatikan Dia. Laporan-laporan yang terus berdatangan dari China terus
beraktivitas-aktivitas dari suatu gerakan Kristiani yang informal, bergerak di bawah tanah, dan bertepi sel. Adakalanya orang
mendengar tentang kebangunan rohani titik pada pertengahan bulan Desember 1974
majalah Time memberikan laporan tentang orang-orang Kristen rahasia di Cina
".
Perjumpaan
Bangsa Cina Dengan Agama Kristen
Sebelum Musa berjumpa dengan Allah
di semak berduri yang bernyala-nyala, bangsa Cina sudah mulai muncul sebagai
salah satu ras besar umat manusia. Seluruh dinamika kebudayaan mereka-yaitu
gaya hidup, pandangan umum, adat istiadat keagamaan, dan institusi-institusi
sosial-telah dirumuskan dan mendapatkan penerimaan yang luas pada zaman
purbakala. Pada zaman Kristus rakyat Cina telah ditempa menjadi suatu
keutuhanan politik. Mereka tidak mengalami suatu revolusi kebudayaan yang besar
sebelum muncul Republik Rakyat pada tahun 1949. Memang, seluruh kurun waktu
yang kacau balau dari 500-900 M, ketika Eropa barat menghadapi malapetaka total (yaitu
diserang oleh kelompok Muslim dari Selatan dan Timur dan oleh kelompok Viking
dari utara). T’ang Cina dalam keadaan tenang, barangkali merupakan “daerah yang
terkuat di planet ini” (Latourette).
Sekarang Cina sedang menggapai
tempat kebesarannya yang sah di tengah bangsa-bangsa. Mao Tse-tung dan
orang-orang sebangsanya telah membawa rakyat yang letih berperang, dilanda
kemiskinan, sebagian besar buta huruf, dan dikuasai oleh pihak asing yaitu
“Manusia Asia yang sakit”. Dan membentuk suatu negara yang stabil secara
politik dan dapat berdiri sendiri sendiri secara ekonomi.
Perjumpaan Cina dengan agama
Kristen meliputi hampir 1500 tahun. Meskipun demikian, jauh sebelum missionaris
yang pertama datang dari Barat, rakyat Cina didatangi oleh orang-orang yang
menyembah Allah Abraham, Isak dan Yakub. Para missionaris pertama ke Cina
adalah orang-orang Israel yang berdagang sutera yang menggembara jauh dari
negeri mereka untuk mencari kain bernilai tinggi ini.
Beberapa missionaris pertama dari
Barat tentu terkejut menemukan komunitas-komunitas Yahudi kuno ini di pedalaman
Cina. Akan tetapi sedikit saja dari dari kontak-kontak ini. Walaupun orang
Yahudi dan orang Kristen menyembah Allah
yang sama, jurang pemisah di antara agama etnik orang-orang Yahudi dan iman
Kristen yang universal menghambat interaksi selanjutnya.
Apabila kita membaca catatan
Panjang mengenai perjumpaan bangsa Cina dengan agama Kristen, tugas kita sangat
banyak. Bagaimankah cara untuk menggali emasnya? Sepanjang hampir seluruh zaman
kekristenan, Cina merupakan objek dari gelombang usaha penginjilan yang terus
menerus. Ribuan pria dan wanita Saleh pergi ke Cina. mereka memiliki sejumlah
bangsa dan segala macam tradisi keagamaan titik pedagang, biarawati biarawati
rohaniawan para istri, kaum Awam dan juga wanita, para guru, para pekerja medis
semuanya memainkan peranan mereka. mereka melayani selama kurun waktu yang
paling Gemilang paling tragis dan paling menggemparkan dalam sejarah Cina. Walaupun mereka
menjumpai kesulitan-kesulitan yang sangat besar dan perlawanan yang
sungguh-sungguh iman mereka mendapatkan upah dan banyak diantara Rakyat Cina
yang sombong yang bersandar pada diri sendiri dan yang mampu memberikan respon
kepada berita Kristen. Kita harus menelusuri
pokok-pokok penting dari sejarah yang gagah berani ini.
Agama
agama Kristen Syria abad VII-X
Agama Kristen pertama diperkenalkan
ke Cina semasa dinasti T’ang ( 618-905 M). Agama itu datang melalui para wakil
dari gereja Timur yang dikenal sebagai kaum nestorian. Mereka pada mulanya
memasuki China lebih sebagai pedagang daripada sebagai misionaris profesional.
Kaum nestorian sebagian besar keturunan Yahudi, yaitu keturunan orang-orang
yang tidak kembali ke Palestina menyusul pembuangan ke asyur dan Babel selama
abad abad permulaan dari ekspansi agama Kristen, kepercayaan Yahudi mereka
mendapatkan kegenapan di dalam Yesus Kristus. Akhirnya
kaum nestorian kawin campur dengan orang-orang yang berbahasa asyur lainnya di
sebelah timur sungai efrat lalu menyebarluaskan iman mereka ke turkestan
Mongolia China dan Jepang. Beberapa catatan menunjukkan bahwa orang-orang
Kristen Ia juga telah mengunjungi Kristen selama kurun waktu ini tetapi
pengaruh mereka kecil.
Walau demikian Apa yang diketahui ini penting.
kaum nestorian menghadapi ke kaisaran yang paling luas di dunia yang sedang
mencapai puncak kejayaannya dalam bidang kebudayaan intelektual dan
administrasi. Cina mempunyai suatu sistem keagamaan dan etika yang paling
canggih; rakyatnya sudah lama hidup dalam suatu lingkungan sinkretisme
keagamaan titik pada waktu tentara T’ang menaklukkan Turkestan dan membuka
kembali jalur perdagangan lama ke dunia barat maka Alopen Uskup dari
Persia merasa bahwa tiba saatnya untuk menginjili ke kaisaran yang kuat ini
titik memang, ia disambut dengan baik oleh para penguasa sesuai dengan politik
toleransi mereka yang sangat luas dan keinginan
mereka untuk membantu perkembangan agama agama asing. Waktu alopen tiba di
Chang-an (635) dia hampir langsung ditugaskan untuk menerjemahkan kumpulan
ajarannya story dan ke dalam bahasa Cina. Para sarjana ditugaskan untuk membantunya.
Tanpa takut pada tantangan tersebut kaum
nestorian meneruskan membangun dan
melengkapi biara-biara dengan tenaga staf di kota-kota utama di China mereka
juga cukup agresif di dalam pemberitaan mereka tentang iman Kristen. Mereka
tekun dalam upaya upaya mereka untuk menyusun berita Kristen dalam bahasa
filosofis dari istana penganut confucius itu dengan tujuan untuk membuatnya
secara intelektual dapat diterima akal. Walaupun batu peringatan kuno itu
menyatakan "agama tersebar luas diseluruh 10 provinsi...Biara biara penuh
di 100 kota, "kaum nestorian mengalami serangkaian kemunduran sebagai
akibat berbagai intrik pengadilan, sikap iri hati dari para pemimpin penganut
Tao Dan Budha, serta pergolakan pergolakan perang saudara. Melalui pengetahuan
media dan keterampilan bedah mereka melakukan kaum nestorian memberikan nama
baik bagi Agama Yesus tetapi karena kepemimpinan mereka yang non Cina dan
sifatnya tidak stabil maka Mereka cenderung di klasifikasi dengan kelompok
agama Buddha dan jorok nisme sebagai suatu "agama asing" lainnya.
Walaupun biara biara mereka merupakan usaha yang didukung oleh dana sendiri
berpemerintahan sendiri dan memperbanyak diri sendiri para rohaniawan Cina
hanya diizinkan untuk menduduki jabatan jabatan yang paling rendah titik dari hal
ini kita merasa bahwa kaum nestorian memberikan suatu prioritas yang sangat
tinggi untuk melayani komunitas dagang
asli pada setiap peristiwa, mereka bergantung sebagian besar pada wakil-wakil
komunitas dagang asing itu untuk memberikan inisiatif dan kepemimpinan.
Kehidupan gereja ini berkurang dengan
berlakunya waktu titik faktor yang sangat memperbesar terjadinya pengurangan
ini ialah seringnya ada gangguan dalam hubungannya dengan kantor kantor pusat
di Mesopotamia. Didalam keterasingan nya gereja nestorian menjadi sasaran
berbagai kecenderungan sinkretik. Akan tetapi, pada masa-masa terbaiknya gereja
nestorian menunjukkan agama Kristen yang alkitabiah dan terkenal dalam sejarah
titik pada waktu itu gereja nestorian secara akurat digambarkan sebagai
berikut:
Kesederhanaan iman dan penyembahan mereka
penghormatan mereka pada kitab suci, penolakan mereka pada pemujaan patung dan
gambar pada pengakuan dosa kepada imam dan pada doktrin tentang api penyucian
serta sikap mereka yang
tidak memuja roti di dalam perjamuan kudus menjadikan mereka kaum protestan di
Asia.
Bab VIII
AGAMA KRISTEN TIBA DI ASIA
Oleh Gordon H. Chapman
Dinilai dari cerita tentang
kebangkitan dan pengembangan gereja mula-mula di dalam perjanjian baru, siapa
akan menduga bahwa selama beberapa abad pertama dari agama Kristen penyebaran
Injil yang paling ekstensif bukan terjadi di barat tetapi di Timur? sebetulnya
kondisi-kondisi di dalam kerajaan partia (Yaitu 250 sebelum masehi sampai
dengan 226 M),
yang merentang dari sungai efrat sampai ke
sungai indus dan dari Laut Kaspia sampai ke laut Arabia dalam beberapa hal
lebih menyenangkan untuk pertumbuhan gereja daripada di dunia Romawi. Dan walaupun perlawanan terhadap agama Kristen terus
memuncak di bawah kekuasaan dan Islam berturut-turut komunitas komunitas Kristen akhirnya
didirikan di dalam wilayah yang luas yang membentang dari Timur dekat ke timur
jauh kemungkinan sejak abad pertama gereja.
Orang Orang Timur Pada Hari Pentakosta
Lukas menginformasikan kepada
kita dalam Kisah Para Rasul 2:5-11 bahwa hadir di kota
Yerusalem pada hari pentakosta "orang-orang yang Saleh dari segala bangsa
di bawah kolong langit tanda putih-putih di antara mereka ini adalah
"orang-orang partia, media oma-oma penduduk Mesopotamia dan orang
Arab". Selain itu para peziarah itu meliputi "baik orang Yahudi
maupun Penganut Agama Yahudi" yang sama-sama mengenal kebudayaan negara
mereka masing-masing dan pernyataan kitab suci Perjanjian Lama.
Banyak orang Yahudi yang tinggal di
wilayah wilayah yang luas di Timur Tengah ialah keturunan orang-orang yang
dibuang pada waktu penawanan ke asyur dan Babel dan kemudian dikembalikan titik
kebanyakan bermukim di masyarakat Timur yang secara komparatif stabil dan
toleran, dan banyak yang makmur dan menjadi berpengaruh titik pengharapan
mesianis mereka yang diilhami oleh Alkitab pasti merupakan faktor yang membantu
timbulnya Pengharapan yang luas akan raja yang akan datang, yang begitu jelas
digambarkan di dalam kunjungan ke tiga orang majus (Matius pasal 2:1-12).
Walaupun tidak dapat disangsikan
bahwa gereja-gereja di negara-negara Timur yang luas dan penduduknya
sudah lama sekali didirikan, terdapat kekurangan sumber sumber informasi yang
asli. Dengan demikian kita
sering kali hampir bergantung sepenuhnya pada bahan tradisional yang sulit
dibuktikan dengan Kepastian Yang mutlak. Dengan beberapa pengecualian komunitas kristen tidak pernah
menjadi suatu unsur yang berpengaruh diantara penduduk juga agama Kristen tidak
pernah menjadi agama negara.
Anehnya gereja yang tersebar
di sebagian besar Asia terdapat sebutan "nestorian," menurut Bapak
gereja dari Konstantinopel pada abad V, yaitu nestorius rumah yang dikutuk oleh
Roma sebagai seorang Deedat pada tahun 430 M. Nama itu sebenarnya sebuah istilah yang tidak cocok yang
menjadi terkenal sampai hari ini di dunia barat; Keuskupan Rhoma telah berusaha
untuk mendiskreditkan gereja ini yang tidak mengakui keutamaan Rhoma karena
alasan-alasan geografi politik, bahasa dan doktrin! bukanlah nama yang
diberikan oleh gereja itu sendiri juga bukan nama yang biasa digunakan
negeri-negeri Asia.
Asal-Usul Dan
Perluasan Gereja Di Dunia Timur
Kerajaan
dan Persia
Gereja di timur berawal pada masa
yang sangat dingin di dalam zona penyangga di antara Kerajaan Persia dan
kerajaan Romawi di Mesopotamia dataran tinggi. Berbagai perubahan dalam pertumbuhannya yang
kemudian timbul karena status minoritasnya di dalam situasi ketegangan
internasional. Para penguasa kerajaan parkia berada dalam suasana penuh
toleransi dan dengan kepercayaan kepercayaan yang lebih tua dari Babel dan
asyur sedang dalam keadaan ambruk waktunya sudah matang untuk bangkit nya suatu
kepercayaan baru dan vital.
Dengan demikian dari
Edessalah Suatu gerakan penginjilan dimulai yang secara berangsur-angsur
menyebar luas di daerah Mesopotamia Persia Asia Tengah dan Cina. Menurut sebuah
tradisi kuno lainnya. Mari diutus sebagai seorang misionaris ke Seleucia
menjadi suatu pusat lainnya untuk pelayanan misionaris. Dan banyak presbiter
lebih merupakan anggota golongan misionaris yang pergi berkeliling yang pergi
dari satu tempat ke tempat lain sebagaimana yang Allah lakukan dan mereka
memenuhi kebutuhan-kebutuhan mereka dengan berbagai pekerjaan seperti pedagang
atau tukang. Penetapan waktu
wilayah yuridiksi yang merdeka dengan sembilan kota metropolis di bawahnya
membantu munculnya sikap yang lebih menyenangkan dari pihak pemerintah yang
tidak perlu lagi takut pada suatu persekutuan gerejawi dengan musuh yang umum,
yaitu Roma.
Faktor-Faktor
Yang Tepat Untuk Perluasan Penginjilan
Beberapa faktor penting menolong
untuk menjelaskan pertumbuhan luar biasa pada gereja di Timur selama 1200 tahun
pertama dari zaman agama Kristen. Secara geografis, dan kemungkinan juga secara
jumlah, perluasan gereja ini melampaui perluasan gereja di Barat pada abad-abad
permulaan. Kunci yang terkenal untuk memahami perluasan ini adalah peran serta
yang aktif dari kaum awam, yaitu keterlibatan suatu presentase yang besar dari
orang-orang percaya di geraja dalam penginjilan misioner. Faktor-faktor penting
berikut ini menyebabkan pertumbuhan gereja semuanya didasarkan Sebagian besar
pada fakta bahwa hal tersebut adalah gerakakan kaum awam dan juga rohaniawan.
IX
HONGKONG
Oleh David Woodward
Gereja Pada Saat Ini
Gereja-gereja protestan berjumlah
kira-kira 600 buah, dengan sebagian besar berlokasi di flat-flat atau
apartemant-apartemant yang diubah. Bila mereka cukup beruntung untuk dapat
memiliki hak atas tanah, gereja-gereja biasanya membangun gedung-gedung yang menjulang
tinggi untuk di pakai sebagai gereja dan juga sekolah, dan asrama atau tempat
tinggal staf pada lantai teratas. Fasilitas-fasilitas tersebut penuh dengan
aktivitas setiap hari dalam seminggu.
Gereja-gereja Cina ini beribadah di
dalam banyak Bahasa, yang menggambarkan asal usul daratan utama mereka. Bahasa utama dari
gereja-gereja adalah bahas Kanton, tetapi ada juga gereja-gereja yang
berkembang lainnya yang menyelenggarakan kebaktian-kebaktian dalam bahasa ini Hakka, Swatow, Shanghai dan
Mandarin. Walaupun perbedaan-perbedaan bahasa ini terus menerus membuat
perpecahan dalam komunitas Kristen, semuanya membaca huruf-huruf Cina yang sama
dan menggunakan Alkitab yang sama.
Gereja -gereja di Cina ditandai
oleh tingkatan kepemimpinan yang tinggi. Walaupun ada kekuatan yang luar biasa
besar disana yaitu 400 misionaris, dan pada umumnya mereka tidak memikul
tanggung jawab atas pengurusan gereja, walaupun “para misionaris tetap
mempunyai pengaruh yang luas dalam dewan-dewan gegreja kami orang-orang Cina
sangat toleran,” kata seorang pemimpin Cina. Kelompok-kelompok gereja yang
terbesar di Hongkong mempunyai sumber teologi di Dunia Barat: yakni kaum
Angklikan, Metodis, Luteran, Baptis. “Church of Christ in China” setempat adalh
persatuan denominasi Presbiteran, Kongregasional, dan lain-lainnya pada
tahun-tahun yang silam. Bebearapa di antara gereja-gereja pra-Perang Dunia II
yang lebih tua mula-mula sulit menyesuaikakn arus misionaris yang baru dengan
kelompok-kelompok gereja. Misalnya, sekarang perlu penganut Metodis Inggris
pra-Perang dan penganut Metodis Amerika pasca-perang berusaha mempersatukan
upaya-upaya mereka.
Gereja-gereja yang lebih mudah
lebih sadar akan kesempatan-kesempatan di antara para pengungsi, dengan cepat
membangun jemaat-jemaat baru di antara para pengungsi itu. Di samping
Gereja-gereja yang di kaitkan dengan Dewan Kristen Hongkong, ada sejumlah
asosiasi gereja injili yang kuat, seperti Christian Nationals Evangelistic
Commission. Kelompok-kelompok orang percaya
seperti “Little Flock” dan kelompok-kelompok orang percaya vital lainnya dari
Kalangan orang Cina asli juga aktif, walaupun tetap terpisah dari orang-orang
Kristen lainnya.
Kepemimpinan injili Hongkong
cenderung mengikuti rencana mengadakan pengaruh rohani dan bukan stuktur
organisasi. Teng adalah seorang di antara pemimpin kunci, bersama dengan Dr.
Samuel Tong dari Southern Baptist Theological Seminary dan Dr. John Pao dari
Evangelical Free Church Seminary.
Gereja-gereja Hongkong lebih maju
dari gereja-gereja Asia lainnya dalam soal sejumlah perpustakaan audio-visual
dan perlengkapannya. Komite penginjilan Audio-visual dari HHCC ( Dewan Kristen
Hongkong) memiliki lebiih dari 700 judul film dan 681 foto-foto dalam film.
Walaupun program-program radio Kristen setempat dengan ketat dibatasi oleh
kebijakan pemerintah, program-progaram dalam Bahasa Cina di pancarkan ke
Hongkong dari Filifina. Literatur Kristen cukup luas, dan Hongkong adalh pusat
penerbitan yang utama untuk gereja-gereja Cina di luar negeri. Dewan Literatur
Kristen Cina memiliki HKCC, sedangkan para penerbit injili bertemu secara
informal sekali-kali. Para penerbit yang terkemuka adalah Baptist Press,
Alliance Press, Christian Communications, Bellman House, dan Lutheran Press.
Sejak adanya perbedaan ketegangan di antara
Amerika Serikat dan Republik Rakyat Cina, kegiatan mengamati Cina telah di
perluas, dengan mengijinkan para pengamat yang bermarkas di Hongkong untuk
mengadakn perjalanan ke dataran Cina. Organisasi-organisasi Kristen seperti
World Vision, Christian Communications, dan Asian Outreach mempertahankan
kantor-kantor di Hongkong yang mengumpulkan dan mengevaluasi setiap informasi
yang berkenaan dengan orang-orang Kristen dari dataran Cina tersebut yang tetap
tinggal.
Walaupun pertumbuhan gereja telah makin lambat
beberapa tahun belakangan ini, kemungkinan karena meningkatnya kemakmuran,
Hongkong pada saat ini merupkan pusat yang vital untuk gereja-gereja Asia
Tenggara samakin meningkat. Sebuah sekolah tinggi teologi injili yang berbentuk
kerja sama direncanakan. Kendatipun posisi geo-politisnya berbahaya, Hongkong
merupakan sebuah mercusuar rohani yang cerah di Asia.
NEGARA DAN BANGSA
Sebagai koloni Inggris- sebuah
pulau mungil yang berjuntai secara berbahaya dari dataran Cina Merah- Hongkong
berhasil bertahan hidup di tengah banyak krisis politik dan ekonomi dengan
formula praktis berupa pajak yang rendah, sedikit pengawasan, kerja keras, dan
keuntungan-keuntungan yang cepat. Barang dagangan yang mempesonakan dan
tawar-menawar yang penuh gembar-gembor banyak disebabkan banyak disebabkan oleh pengelolaan yang
pintar, tetapi lebih-lebih lagi oleh masa pekerja yang penurut yang telah
melarikan diri ke Hongkong dan tidak dapat pergi lebih jauh lagi. Karena di dari bagi
Cina, walaupun kebanyakan dari provinsi kuantung Yang berdampingan titik ada
kekayaan besar dan kepentingan usaha yang luar biasa di Pulau itu: salah satu
diantara perusahaan perusahaan perkapalan terbesar di dunia industri industri
tekstil yang besar, organisasi-organisasi yang makmur yang mengekspor film-film
lokal ke seantero dunia semuanya dimiliki oleh pihak lokal + perusahaan
perusahaan patungan bernilai multi jutaan dolar dengan negara-negara asing. Pada permukaan tampak seperti ekonominya stabil, namun
orang-orang kaya yang menaruh modal yang berisi kau didalam real Atau
usaha-usaha lainnya mengharapkan perolehan keuntungan dalam waktu 4 atau 5
tahun. Investasi jangka panjang merupakan
pengecualian, karena semua orang tahu bahwa masa depan itu tidak tentu. Sebetulnya status Hongkong seluruhnya berubah secara radikal
dalam jangka waktu 25 tahun karena kontrak sewa 9 per 10 dari lahan tanah Pulau
itu telah habis masa berlakunya pada tahun 1997 dan apa yang disebut “new
Territories” Pada waktu itu sekarang harus diserahkan kembali kepada Cina.
Bagaimana masyarakat kapitalis ini
mampu Bertahan hidup berdampingan dengan Republik Rakyat Cina yang komunis itu
selama ini? pandangan yang paling umum diterima ialah bahwa Cina membutuhkan
Hongkong sebagai tempat untuk mendengarkan keadaan musuh dan sebagai Sumber
devisa. Sudah tentu kehidupan
di Hongkong sangat berbeda dengan sistem egalitarianisme yang keras Di daratan
Cina, sedemikian Berbeda sehingga Seorang Kristen yang penuh komitmen yang
keluar dari Cina yakni Mary Wang berkata, "reaksi pertama saya mengenai
Hongkong adalah tidak baik... perbedaan antara si Kaya dan si miskin
benar-benar tidak seimbang dengan apapun yang telah saya lihat di Cina. Saya bereaksi menentang kemewahan dan pemborosan.
Kelihatannya tidak dapat diampuni, saya tidak
Kristiani nya dengan komunisme. para penduduk Hongkong mengetahui bahwa mereka
mempunyai permasalahan-permasalahan, tetapi mereka juga sadar dari
kunjungan-kunjungan yang sering ke daratan Cina bahwa standar hidup mereka
lebih tinggi daripada sanak saudara mereka di di seberang perbatasan, dan bahwa
standar hidup mereka terus meningkat secara teratur. angka-angka dari
Departemen imigrasi menunjukkan bahwa rata-rata 1 orang diantaranya 6 penduduk
Hongkong mengunjungi Cina selama 11 bulan pertama tahun 1972. Salah satu dari kesulitan-kesulitan yang peking Alami dalam
berurusan dengan Hongkong ialah Bagaimana meyakinkan rakyat disitu bahwa mereka
akan lebih baik hidup di bawah komunisme. Bagi
banyak warga Hongkong kerusuhan-kerusuhan dan propaganda komunis tidak dapat
dimengerti, karena hal hal itu justru mengakibatkan banyak kesulitan dan tidak
ada manfaatnya. Meskipun ada 6 surat kabar
komunis, tenaga kerja di koloni ini tidak menanggapi seruan untuk mengadakan pemogokan
pada tahun 1960 dari 1.500.000 orang hanya 60.000 orang yang ikut dalam
pemogokan tersebut. Dan kamu wanita dalam
kolonil ini menunjukkan ketidaksetujuan mereka
dengan sikap menolak untuk berbelanja di tokoh-tokoh komunis. Kemudian rakyat Hongkong memilih kedamaian dan stabilitas di
bawah kesadaran statusku dan hasilnya ialah ledakan ekonomi sekarang ini.
Agama-agama
nasional
Setiap upaya untuk
mengubah kepercayaan-kepercayaan orang dari rakyat yang bersih dan suka bekerja
keras suka berkelompok-kelompok, dan suka Berniaga ini harus dengan
mempertimbangkan latar belakang kepercayaan mereka yakni Tao dan Budha Mereka
datang pada dewa-dewa dengan sikap yang sama praktisnya dengan sikap mereka
untuk menangani urusan-urusan sekular jauh lebih mementingkan bantuan langsung
dalam suatu keadaan darurat dari pada suatu pandangan umum atau seorang juru
selamat. Mereka pun tidak mencari hubungan yang erat dan pribadi dengan
dewa-dewa mereka.
Dengan demikian Hongkong kota
perniagaan yang modern saat ini ada sisa-sisa dari semua agama Kuno dari
dataran Cina yaitu Buddha, confucius,Tao, dll. Walaupun sebagian anak muda
menjalankan beberapa kepercayaan takhayul kuno, sekularisme adalah agama utama
di koloni tersebut pada saat ini.
sejarah nasional
Pertama kali pertama
kali muncul Di peta 130 tahun yang silam ketika Inggris merebut Pulau itu dari
kekaisaran Cina. Seseorang dari Inggris ke
waktu itu menyebutnya "sebuah potongan granit yang tidak berguna tanpa ada
air dan tidak ada apa-apa untuk dapat memujinya." Perusahaan perusahaan dagang Inggris telah terlibat dalam
perdagangan dengan China lebih dari 200 tahun ketika, karena bosan dengan
rumitnya berurusan dengan pihak yang berwenang di pelabuhan Canton mereka
menuntut hak berdagang yang normal atau penyerahan sebuah pulau. Sebagai akibat dari apa yang disebut perang candu pertama,
Inggris memaksa pihak Cina untuk menyerahkan Hongkong kepada mereka dengan
mendudukinya pada tahun 1841. Pulau itu memiliki keindahan alam yakni sebagai pulau yang bergunung-gunung tidak jauh
dari daratan Cina, dan ada pelabuhan alamiah yang
hampir terkurung oleh daratan. Inggris segera mengubah pantai pantai yang
berpasir dan perkampungan nelayan menjadi sebuah pasar bebas yang berkembang
dengan baik dan cagar alam yang ditata dengan baik, yang segera menarik
gelombang imigran dari provinsi-provinsi Tengah.
Mereka secara
memperluas wilayah semenanjung Kowloon Di daratan Cina pada perang candu kedua
pada tahun 1860. Koloni itu mencapai ukurannya
yang sekarang pada tahun 1898, ketika new territories yang berdekatan di sewa untuk kurun waktu 99 tahun, suatu
tindakan yang dipaksakan terhadap pemerintahan Cina yang tidak tersedia titik
pada waktu itu kapal-kapal perang Perancis dan Rusia sedang masuk dok
dekat kota Kowloon, dan Inggris bertekad
membersihkan daerah itu dari kekuatan-kekuatan asing lainnya.
Sejak krisis tahun
1967 kelambanan gerakan ekonomi kelihatannya memberikan stabilitas pada koloni.
Peredam ketegangan antara China dan Amerika
Serikat telah mendorong hal itu. Hongkong saat ini sibuk mondar-mandir di
pelabuhan nya, sebuah kota wisata modern sekuler dan komersial yang rupanya
Acuh Tak Acuh terhadap masa depannya yang penting.
Sejarah Kristen
Gereja Pertama di
Hongkong dibuka pada tahun 1842, tidak lama sesudah pendirian koloni itu. Administrasi koloni dahulu mempunyai ikatan-ikatan yang erat
dengan gereja Inggris yang sudah mapan. Santo Yohanes dan sejumlah besar gereja
dan sekolah anglikan adalah bukti saat ini dari permulaan yang dini dan kokoh itu
yang mereka adakan di pulau tersebut. Misi mula-mula ditolerir dan dihargai, terutama atas pelayan
pendiri mereka yang menyediakan pekerja-pekerja muda yang pandai di
kantor-kantor di kota itu. Walaupun kalangan
pengusaha migran tidak terlalu tertarik pada pertobatan jiwa-jiwa, mereka ingin
ada pendeta-pendeta untuk mengadakan berbagai pelayanan keagamaan yang
dengannya mereka sudah terbiasa titik Dengan
demikian dalam waktu yang singkat kaum Methodist, Presbyterian dan
kongregasionalis telah telah memiliki tempat-tempat ibadah mereka
juga.
Beberapa misionaris sejak dini
menjangkau orang-orang Cina dan memberitakan Injil, dengan hasil berupa
gereja-gereja Cina berdiri. Persatuan Gereja-gereja Kristen Cina didirikan pada
waktu perang Dunia I, dan badan itu kemudian mensponsori banyak kampanye penginjilan
dan konferensi-konferensi kebangunan
rohani di banyak kota. Belakangan badan tersebut menyediakan panti-panti werda
dan sebuah usaha pemakaman. Dewan Kristen Hongkong baru terbentuk pada tahun
1954, dan Dewan tersebut berhasil menyatukan sejumlah pelayanan kebaktian yang
tumpah tindih. Dewan tersebut telah mendapatkan penerimaan dari pihak pemerintah sebagai
“suatu aliran Protestan” dan dengan demikian mendapat waktu penyiaran radio
gratis di Radio Hongkong untuk mewakili komunitas Protestan.
Masa masa yang sulit pada tahun
1960-an menyebabkan banyak orang berpaling dari Allah. Ketika banyak kerusuhan dan pengeboman mengganggu
Hongkong pada musim panas tahun 1967 jumlah peserta PPAA meningkat. Cover konferensi Keswick dipenuhi sampai batas kapasitas
3000 tempat duduk sepanjang 8 hari konferensi tersebut titik pendudukan penting
atas macao oleh kaum komunis menakutkan banyak orang di Hongkong. ancaman
begitu nyata sehingga 600 dokter mengajukan permohonan visa untuk ke Kanada.
Para mahasiswa Universitas Kristen memberikan pernyataan bahwa "setiap
orang Kristen harus mempertimbangkan dengan serius pertanyaan-pertanyaan
berikut ini sebelum mengambil keputusan untuk meninggalkan Hongkong":
1. Mengapa saya dilahirkan sebagai
seorang Cina?
2. Bagaimana kaitan hal ini dengan
tanggung jawab saya untuk memenangkan bangsa saya Bagi Kristus?
3. apaKah saya memandang situasi saat
ini dengan sikap tenang dan dari sudut pandang Allah? Apakah dalam hal ini saya
sudah mempertimbangkan ketuhanan Allah?
4. Apa yang menjadi komitmen komitmen
saya pada saat ini?
5. Andaikata saya harus pergi,
Siapakah yang siap menggantikan saya? apakah saya sudah Melati orang-orang lain
untuk membuat hal-hal ini?
6. apakah percobaan pada saat ini dan
penganiayaan penganiayaan pada masa yang akan datang merupakan rencana Allah
bagi saya untuk masuk ke dalam "persekutuan dalam penderitaan
Kristus?”
7. Akankah saya menjadi orang yang
tidak dapat mencocokkan diri secara sosial dan rohani Seandainya saya
harus menetap di suatu negara?
Dengan demikian terlihat ada
santapan rohani dan kekuatan diantara banyak orang Kristen yang lebih muda di
Hongkong pada saat ini yang bahu-membahu dengan baik untuk terus
memperluas kesaksian bukan hanya di pulau tersebut, tetapi di seantero
komunitas China di luar negeri selama tahun-tahun yang akan datang titik
mungkin ada cukup misionaris barat untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan gereja
dan kesempatan disitu demikian pikir para pengamat.
KESIMPULAN
Buku ini berbicara tentang Sejarah Gereja Asia, buku
ini banyak memberikan penjelasan tentang sejarah gereja di Asia, terutama
proses menyebarnya Injil, karena penulis telah berusaha mengumpulkan
tulisan-tulisan karya lebih dari dua puluh lima pakar mengenai gereja di Asia.
Sesudah ia memberikan analisis yang jelas tentang benua itu sendiri, orang lain
memberikan laporan tentang agama Kristen di setiap negara yang ia susun menurut
alfabet.
Masing-masing pakar memberikan tinjauan luas yang
rinci tentang keadaan gereja Asia di negara tertentu, dalam hal ini si penulis
tersebut pernah hidup di negara tertentu, dalam hal ini si penulis memang ahli.
Memaparkan sejarah Injil di sampaikan kepada semua orang dan memaparkan
permasalahan yang terdapat dalam memberitakan Injil, yaitu yang menyangkut
sifat sejarah gereja, serta cara-cara bagaimana mencapai amanat yang Tuhan
berikan. Saya yakin buku ini sangat membantu dalam memulai suatu
pelayanan memberitakan injil, meskipun dengan bahasa yang sederhana, buku ini
bagus digunakan oleh mahasiswa yang sedang belajar sejarah gereja Asia, juga
untuk menambah referensi dan juga dalam proses belajar mengajar karena
mengandung isi yang berkualitas, serta juga bermanfaat bagi para peminat untuk mengembangkan wawasan tentang Sejarah
Gereja.
TUHAN YESUS MEMBERKATI