Laporan baca

 

LAPORAN BACA SEJARAH GEREJA ASIA

 

Nama                     :KRISNAWATI GULO

NPM                       :2020.77.202.007

Judul                      : Sejarah Gereja Asia

Nama penulis           : Donald E.Hoke

Penerbit                  : Gandum Mas

Cetakan                 : Pertama thn. 2000

Tebal                      : 446 Halaman

 

 

 Bab l

PINTU-PINTU TERBUKA DI ASIA

Fakta-fakta rohani yang besar di Asia pada saat ini:

       Perhitungan-perhitungan dari statistik-statistik yang di kumpulkan oleh para pengarang ini dan para peneliti yang lain menunjukkan bahwa, pada tahun 1972,jumlah total orang Kristen di Asia kemungkinan sekitar 81 juta lebih.

       Agama Kristen Protestan injili adalah agama yang paling cepat bertumbuh di timur laut India,Indonesia,Korea,Taiwan,Hongkong,Kampuchea (kemungkinan juga Pakistan, walaupun pertumbuhannya kecil)

       Dalam 25 tahun belakangan ini seluruh negara yang dahulunya tertutup bagi Kristus selama seribu tahun  telah terbuka bagi penginjilan,walaupun hal itu masih tebatas di beberapa di antara negara-negara ini

       Kebangunan rohani yang menghasilkan pertumbuhan yang luar biasa telah terjadi di antara sejumlah suku-suku bangsa di Asia.

       Gereja-gereja nasional dan setempat sedang menjadi dewasa dengan cepat.

       Berkaitan dengan ini adalah timbulnya aliran injili yang penuh informasi

       Perkumpulan-perkumpulan misi luar negeri dari Asia dibentuk dan jumlah para misionaris bertambah berlipat ganda.

       Di seluruh Asia kaum awam sedang  bangkit dari keadaan bangkit dari keadaan tertidur  yang di sebabkan oleh masalah kependetaan.

       Untuk pertama kali dalam sejarah Asia orang-orang yang baru bertobat dari kalangan pemeluk agama tertentu telah berjumlah ratusan dan bukan hanya dua atau tiga, yang paling mencolok adalah hasilnya di Indonesia.

 

MASA DEPAN PENGINJILAN DI ASIA

       Persoalan-persoalan Asia pada masa kini

Pada tahun 1967 sarjana biologi yang bernama Paul Ehrlich dari Universitas Stanford menulis:

Suatu saat di antara tahun 1970 dan 1985 dunia akan mengalami kekurangan pangan yang luas-ratusan juta orang  akan menderita kelaparan sampai mati terkecuali jika wabah, perang termonuklir,atau suatu hal lainnya membunuh mereka. Banyak orang akan menderita kelaparan sampai mati meskipun ada berbagai crash program yang mungkin kita usahakan sekarang ini. Apalagi kalau kita tidak menjalankan crash program sama sekali. Inilah realitas-realitas pahit yang kita hadapi.

 

PRIORITAS-PRIORITAS BAGI PENGINJILAN DAN MISI

  1. Kelompok-kelompok yang reseptif di Asia pada saat ini tentu harus di beri perhatian utama, sebagaimana begitu sering ditekankan oleh  Profesor Donald Mc.Gavran.
  2. Sangatlah penting kebudayaan-kebudayaan  yang sedang mengalami kehancuran atau perubahan secara radikal yang dikatakan oleh Cervin.
  3. Daerah-daerah kota yang semakin reseptip, seperti Singapura, Hongkong, menjamin pengiinjilan yang terpusat.
  4. Daerah-daerah non-kristen yang memberikan respon, haruslah dengan bijak dan dengan penuh doa, namun secara cepat dan dengan sekuat tenaga injili.
  5.   Kesempatan-kesempatan nasional yang spesifik.

 

BEBERAPA PEDOMAN BAGI STRATEGI PENGINJILAN DAN MISI DI ASIA PADA MASA KINI

A.    Yang paling penting ialah menilai situasi secara realistis.

B.    Berdasarkan hal di atas, sangatlah perlu untuk mengembangkan strategi-strategi baru yang luas.

1.    Memperkuat gereja yang ada.

2.    Membuat perencanaan jangka Panjang dan jangka pendek yang teliti bagi penginjilan yang efektif dan yang beriorentasikan pada sasaran baik pada pihak misa maupun gereja-gereja.

3.    Mengadakan kerja sama  injii-oikumenesitas yang alkitabiah.

4.    Merekrut banyak orang baru bagi penginjilan pada generasi yang akan datang.

5.    Banyak organisasi multinasional, Yayasan gereja, organisasi penginjilan dan organisasi misi harus di bentuk atau di perluas jika kita ingin memenuhi tantangan yang luas di Asia saat ini.

6.    Suatu kepekaan baru terhadap situasi politik dan budaya yang berubah di Asia di butuhkan baik oleh organisasi-organisasi misi maupun oleh individu-individu.

7.    Memajukan setiap jenjang Pendidikan teologi.

8.    Menggunakan sepenuhnya media komunikasi massa modern.

 

   Sejarah gereja di Asia Asia Tengah adalah tempat salah satu gerakan besar pertama dalam sejarah Kristen gereja Kuno dari dunia timur, atau gereja   Syiria (yang secara salah disebut kaum Nestorian), mungkin telah datang di India pada bagian akhir abad I.

 

Konkluksi

         Jikalau abad XX dapat disebut abad Kristen itu adalah karena ada peningkatan perhatian yang sangat menambah luas dan dalamnya pekerjaan misi Dan penginjilan di seantero benua Asia khususnya dalam zaman pasca garis hubungan Perang Dunia II. Gereja gereja Yesus Kristus yang terorganisasi sekarang telah berdiri di semua negara di Asia terkecuali Mongolia dan Afghanistan sepanjang yang diketahui orang tunas-tunas kesaksian muda dan lembut sedang menyebar luas dari gereja-gereja yang terbaru sekalipun dengan beberapa pengecualian penting gereja Yesus Kristus sedang bertumbuh di seantero benua dan pulau-pulau di Asia gerakan-gerakan massal di beberapa negara telah melihat gereja-gereja di situ berkembang lebih dari dua kali lipat pada dekade terakhir negara-negara yang tertutup selama berabad-abad sekarang terbuka bagi Injil ada keterbukaan dan respon baru di Bangladesh dan  sejak tahun 1973 di Indonesia,sejak tahun 1968 di Korea, Sejak tahun 1950 dan di Jepang, sejak tahun 1945. Bahkan Cina akan menyediakan kesempatan kesempatan yang terbatas bagi penginjilan sebentar lagi.

 

 

Bab ll

AFGHANISTA
Karangan Anonim

GEREJA PADA SAAT INI

 

      Afghanistan, sebuah kerajaan muslim yang kurang dikenal terletak di daerah gunung yang melintasi jalur Khyber Di Pegunungan Himalaya baru saja terbuka untuk mendengar Injil pada awal tahun 1970-an ketika menyerang. Setelah lebih dari 1000 tahun perlawanan yang sengit terhadap Kristen, gereja Protestan pertama yang pernah dibangun di negara itu diresmikan pada tahun 1970-an tetapi pada 13 Juni 1973 pihak pemerintah menyita bangunan yang indah yang telah didirikan dengan pemberian pemberian dari orang Kristen di seluruh dunia pada tanggal 16 Juli para pekerja pemerintah selesai buldozer bangunan gereja itu sampai rata dengan tanah.

       Sikap yang baru dan lebih menguntungkan ini mungkin sebagian didorong oleh pernyataan yang dipublikasikan secara luas yang dikirim kepada raja terdahulu oleh beberapa pemimpin Kristen terkemuka (diketahui oleh Doktor Billy Graham). Yang memprotes penghancuran gereja itu, ribuan surat yang mencela tindakan ini mengalir ke ibu kota dan kedutaan besar Afghanistan di Amerika Serikat. Tetapi sementara itu pekerjaan medis dan sosial dengan aman walaupun secara terbatas berlangsung terus.

Orang-orang Kristen ini bukan hanya merasa untuk beribadah secara tetap tetapi mereka juga ingin membantu rakyat di sana dengan cara-cara yang praktis. di bawah arahan seorang ahli pertanian Kristen dari Cina telur-telur ikan air tawar jenis Pelangi telah diterbangkan ke negeri ini dari Amerika Serikat dan Jepang yang telah dibudidayakan serta diperkenalkan sebagai ikan hingga ke berbagai danau dan sungai-sungai titik pergi memancing dengan salah seorang dari putra-putranya pada suatu hari ketika sang pangeran memperoleh salah seekor ikan air tawar ini ikan tersebut melawan sedemikian keras dan rasanya sedemikian sehingga Raja memerintahkan Menteri Pertanian untuk luas proyek dengan mengadakan juga tempat penetasan telur ikan yang sekarang memenuhi sungai dan danau di seluruh negara.

Seperti Swiss Oma Afghanistan memakai bahasa bahasa dari daerah sekelilingnya dan dengan demikian kitab suci sudah tersedia dalam dua bahasa utama yaitu custom dan persia. tetapi terjemahan-terjemahan memerlukan revisi untuk disesuaikan dengan dialek-dialek setempat titik di samping itu orang-orang usbek, koma, azab dan Siksa di sebelah utara negara itu berbicara bahasa Turki dan banyak bahasa lainnya yang dipakai oleh kelompok-kelompok kecil yang masih belum dijadikan tulisan titik sejauh ini, rekaman Injil telah dibuat dalam 51 bahasa yang dipakai di negara itu, 26 diantaranya dipakai di lembah-lembah no ori stan di bagian timur negara tersebut.

 

Tantangan tantangan dan kesempatan kesempatan

Angka buta huruf yang mencapai 95% masih merupakan suatu masalah besar di Afghanistan titik tenaga staf dibutuhkan untuk mengajar para guru dan mempersiapkan bahan-bahan bacaan serta untuk menyebarluaskan berbagai program medis dan sekolah-sekolah bagi tunanetra

Negara dan bangsa

Lama terselubung di dalam misteri karena lokasinya yang tidak dapat dicapai di Bali jalur fiber di jantung Asia Tengah Afganistan mempunyai sejarah yang keras dan sangat mencolok. sedikit sekali yang diketahui tentang suku-suku yang berkelana di pegunungan yang tinggi dan lembah-lembah di situ sebelum Raja Persia mencaplok daerah itu pada abad ke 6 sebelum masehi titik tetapi kemudian keadaan mulai berubah di bawah kekuasaan para penakluk berikutnya dimulai dengan Alexander Agung pada tahun 330 Sebelum Masehi. suku-suku di Asia Tengah menyerbu kerajaan itu 400 tahun kemudian; Kemudian Persia, India, dan Patia bersaing untuk menguasai bagian-bagiannya selama 700 tahun, sebelum orang-orang Arab menaklukkan daerah Utara dan Barat pada awal abad VII M. Orang-orang Persia, India Hindu, dan Turki berturut-turut berperang karena negara itu sampai gerombolan grombolan Mongol dari Genghis Khan mencaplok Afghanistan kedalam kekaisarannya sekitar tahun 1220 m yang bertahan hingga tahun 1700-an.

Agama-agama nasional

Nabi Zoroastrer dilahirkan di Balkh, di sebelah utara Afghanistan, pada abad 6 sebelum masehi dan kepercayaannya yang dualistis tentang "terang dan gelap” Meluas di seantero Persia daerah ini pada masa pra-Kristen.(Untuk melihat penjelasan yang lebih lengkap tentang kepercayaan-kepercayaan di Afghanistan, "agama-agama penting di Asia).Nama setempat untuk bunga matahari merefleksikan warisan zoroaster karena bunga itu dinamakan AFTAU atau "penyembah matahari". tetapi agama ini tidak pernah memperoleh loyalitas penuh dari bangsa akan dan saat ini hanya sekitar Rp100.000 Penganut aliran zoroaster yang tinggal di seantero Asia yang terutama berpusat di Iran dan di sekitar Bombay, India.

 Paham atheisme segera menggantikan paham joro Astri animisme dan menjadi agama yang dominan, dengan selalu diingat menjadi patung Buddha yang besar sekali di jurang-jurang banian di Afghanistan Tengah ukuran terbesar dari patung-patung ini adalah 170 kaki tingginya, lebih tinggi daripada Air Terjun Niagara. ribuan gua gua kaum his berada di sekitar situ dan sisa-sisa stupa zaman dulu masih ada di sana sini di banyak bagian negara itu.

 Dengan demikian pemerintahan agama dan kebudayaan Islam pada dasarnya telah berlangsung tanpa tantangan sampai pada saat ini titik bahkan sekarang hukum perdata negara itu.

 

SEJARAH KRISTEN

 Afghanistan yang terpencil tidak selalu tanpa kehadiran dan kesaksian orang-orang Kristen pribumi. walaupun tidak banyak rincian yang diketahui, selama X ekspansi Apa yang disebut "agama Kristen nestorian" ke bagian ini dari Asia kecil pada abad XV M gereja-gereja didirikan di Afghanistan dan seorang Uskup ditempatkan di Herat di sebelah barat laut. sebuah kota satelit dari Hera masih disebut Ingil Atau " Injil ".

 Tetapi teks Alkitab berbahasa Syria menjadi bahasa yang mati dan tidak diterjemahkan lagi ke dalam bahasa sehari-hari dari bangsa itu titik gereja-gereja menjadi bersifat Liturgi kehilangan semangat rohani mereka dan segera dimusnahkan oleh orang-orang muslim yang maju. Namun pada saat ini pun  salib salib Tutorial direproduksi di karpet karpet Afghanistan sebagai suatu kesaksian bisu tentang kehadiran Kristen dahulu di daerah ini, Meskipun para pengrajin yang menenun karpet-karpet itu tidak mengetahui makna salib tersebut dan hanya meyakini gambar-gambar itu sebagai rancangan yang telah diwariskan selama berabad-abad.

 Namun misi Kristen terus berjalan pada perbatasan-perbatasan selama lebih dari 100 tahun dan banyak doa telah dinaikkan untuk negeri itu titik dengan makin perlunya modernisasi pemerintah telah mengirim banyak Pemuda belajar di luar negeri di mana beberapa di antara mereka telah berhubungan dengan Injil. kehadiran Kristen dengan diam-diam sedang bekerja  sebagai garam dan terang sementara menantikan suatu kesempatan Ilahi untuk memperluas pelayanannya. waktu Allah bagi Afghanistan dapat segera Bergema.

 

 

 

 

 

 

Bab III
Bangladesh
oleh Warren Webster

 

Pendahuluan

 Meskipun banglasdeh berada pada peringkat kedelapan dalam urutan penduduk dunia (75 juta), negara itu mempunyai jauh lebih sedikit orang Kristen daripada setiap negara lain yang termasuk dalam 10 negara berpenduduk terbanyak di dunia titik jumlah total masyarakat Kristen diperkirakan 245000 orang, yang berarti hanya sepertiga dari 1% dari total penduduk titik kaum Roma Katolik berjumlah kurang lebih 135000 orang, sedangkan masyarakat Kristen Protestan sisanya 110.000 orang.

 

GEREJA PADA SAAT INI
 PENGINJILAN

 Banyak gereja dan misi yang sudah mapan pada tahun-tahun belakangan ini lebih banyak memusatkan sumber daya pada kesejahteraan masyarakat Kristen maupun bukan Kristen ketimbang pada misi penginjilan langsung terhadap blog-blog Muslim dan Hindu. Jadi barangkali tidak mengherankan bahwa dalam kurun waktu 10 tahun dimana dilaporkan hanya 50 orang bertobat kepada Kristus Sedikitnya dua kali lipat jumlah itu orang Kristen nominal yang memiliki menyangkal Kristus karena perkawinan atau karena alasan-alasan lainnya. Akan tetapi suasana bagi penginjilan baru ini telah diperbaiki titik salah satu faktor adalah undang-undang baru dari pemerintah yang menjamin kebebasan beragama untuk semua kepercayaan tanpa ada yang diistimewakan titik kekacauan karena konflik dengan Pakistan (ketika kaum muslim menyerang kaum muslim)  serta kemerdekaan yang dihasilkan, ditambah dengan peristiwa-peristiwa belakangan ini di Timur Tengah telah membuat orang lebih tertarik dan terbuka untuk mengenal Apa itu agama Kristen dan apa yang Alkitab katakan tentang waktu-waktu seperti ini. Walaupun pertobatan orang-orang secara terbuka masih belum sering, permintaan terhadap Alkitab dan bagian-bagian Alkitab berbahasa Bengali telah membumbung tinggi sejak 1971 sehingga sekarang Lembaga Alkitab kesulitan untuk memberikan persediaan Alkitab.

Jauh lebih banyak orang Kristen yang berasal dari minoritas Hindu ketimbang yang dari agama lainnya, tetapi kecepatan dan jumlah pertobatan dari agama Hindu telah berkurang menjadi sangat sedikit sebelum terjadi kerusuhan umum baru-baru ini. Kesaksian tentang kepedulian dan sifat suka berbagi orang Kristen yang menunjukkan pada waktu perang saudara itu itu di mana timbul kebencian yang mendalam dan pembunuhan masal mendorong makin banyak orang Hindu dan dan mempertimbangkan iman Kristen dan meminta pengajaran Kristen sekali lagi walaupun suku-suku bukan Bengali dengan latar belakang animisme yaitu Garros Santalis, dan lainnya terdiri dari sekitar 1% dari total penduduk negara, mereka pada masa yang lalu secara relatif lebih responsif terhadap iman Kristen ketimbang mayoritas penduduk yang berasal dari Bali dan karena itu merupakan suatu bagian masyarakat Kristen yang besar dan terus bertambah.

 

Literatur Kristen

 Minat untuk membaca yang belum pernah terjadi di antara orang-orang yang terpelajar tercermin dari permintaan yang meningkat terhadap Alkitab dan buku-buku Kristen. Pada tahun 1973 pusat literatur Kristen (Christian literature Center), yang khusus menyediakan literatur yang bermutu baik untuk pembaca Kristen maupun non Kristen, mempublikasikan satu juta bacaan yang merupakan rekor dan kemudian melipatgandakan nya pada tahun 1974. Buku-buku traktat dan majalah-majalah mereka semuanya meningkat dalam sirkulasi. Banyak kelompok lain juga terlibat dalam produksi traktat untuk penginjilan bahan sekolah minggu dan buku-buku Kristen. Sebuah pusat literatur Kristen yang sama-sama aktif dan sangat produktif telah dihadirkan lebih belakangan ini oleh para pekerja Association of Baptist  evangelism (A.B.W.E.) di Chittagong.

 Terjemahan terjemahan kitab suci yang lain sedang dalam proses, yaitu dalam bahasa beberapa kelompok suku yang sejumlah besar dari mereka telah menjadi orang Kristen (mis. suku Bawm).

 

Pendidik Kristen

 Gereja dan lembaga misi telah terlibat lebih dari 150 tahun dalam program-program pendidikan, yang telah membantu memelopori gerakan pemerintah menuju pendidikan umum. Pada saat ini dari sekitar 32.000 sekolah dasar dan menengah di Bangladesh, kurang dari 500 buah disponsori oleh Gereja atau misi. Pada masa yang silam sekolah-sekolah Kristen telah memberikan sumbangsih yang penting bagi pendidikan para pemimpin Kristen sementara juga mendidik para mahasiswa untuk peranan mereka di dalam pengembangan masyarakat fisik terlepas dari kaum Roma Katolik, orang-orang Kristen di Bangladesh belum memainkan peranan yang sangat berarti dalam pengembangan pendidikan yang lebih tinggi titik di antara 170 perguruan tinggi dan sekolah-sekolah teknik yang tersebar di seantero negeri tidak ada satupun perguruan tinggi Kristen Protestan dan hanya ada satu sekolah teknik yang kecil. Upaya upaya lain sedang dibuat untuk mendahulukan tujuan pendidikan Alkitab dan teologi yang merupakan kebutuhan paling utama untuk pertumbuhan gereja gereja di Bangladesh pada masa mendatang.

 

 kegiatan sosial Kristen

 Sejak permulaan sejarah misi ke India sifat peduli dan suka berbagi rasa orang Kristen telah diperlihatkan di dalam pelayanan pelayanan kesembuhan dan banyak hal lainnya. Para dokter dan perawat yang merintis  pengadaan rumah rumah sakit, klinik Klinik Bersalin, Panti Asuhan, sekolah ke sekolah kejuruan, dan desa desa desa percontohan hanya baru menggores lapisan permukaan dari total kebutuhan manusia di sekeliling mereka. Kebanyakan telah secara aktif terlibat dalam mengadakan program-program pertolongan dan rehabilitasi terhadap bencana bencana yang berulang kali melanda negara itu. Bangladesh  yang sedang menderita adalah salah satu kesempatan terbesar di Asia pada saat ini titik tetapi hal itu mungkin tidak lama bertahan kecuali jika berbagai kesempatan yang terbuka dan minat yang ada pada saat ini dikembangkan.

 

 Negara dan Bangsa

 Bangladesh adalah negara merdeka secara politis termuda di Asia titik apa yang dikenal hingga tahun 1947 sebagai Benggala Timur di India jajahan Inggris menjadi Pakistan Timur selama hampir 25 tahun sebelum kemerdekaannya pada tahun 1971 ketika nama yang sekarang digunakan yang artinya "bangsa Benggala".

Dalam  sekian penduduk adalah muslim sehingga membuat Bangladesh negara muslim terpadat di dunia (setelah Indonesia). Kurang lebih 14%( 10 juta) beragama Hindu. Sisanya beragama Budha( 370.000), Kristen (245.000),Dan animisme. Tetapi Bangladesh sedang mengalami ledakan harapan-harapan, baik rohani maupun materi titik orang-orang tidak puas dengan kehidupan tradisional masa lampau titik Mereka ingin ikut merasakan hal-hal baik yang mereka dengar atau yang mereka lihat dimiliki oleh orang-orang lain.

 

 Sejarah Nasional

 Sejarah awal dari apa yang sekarang bernama Bangladesh terselubung dalam legenda-legenda dari literatur kepahlawanan Hindu dan Buddha titik kisah itu mulai tersingkap lebih jelas dengan maksudnya Islam ke India pada abad 18. Para pelaut dan para pedagang muslim dari Arabia dahulu menemukan jalan mereka di sepanjang pantai India sampai ke timur ke Benggala. Islam disebarluaskan pada mulanya melalui teladan pribadi dan semangat  dakwah dari para pedagang ini namun akhirnya Semua daerah Utara India menjadi daerah mayoritas muslim melalui penaklukan. Pada tahun 1906 Liga muslim yang pada akhirnya mendukung konsep tentang Pakistan, didirikan untuk memperjuangkan berbagai kepentingan kaum muslim titik di beberapa provinsi usaha-usaha telah dibuat untuk dengan paksaan membuat orang muslim kembali ke agama Hindu sehingga timbul kerusuhan-kerusuhan komunal di banyak tempat. Pada waktu India diberi kemerdekaan  dan dibagi menjadi dua negara yakni Pakistan dan India pada tanggal 14 sampai 15 Agustus 1947 daerah Benggala kembali terbagi menjadi jenis agama: Benggala barat yang didominasi penganut Hindu tetapi menjadi bagian dari India sedangkan Benggala Timur yang mayoritasnya muslim di distrik menjadi Assam menjadi Pakistan Timur - sayap bagian timur dari 1 negara baru yang 2 provinsinya yang berbeda telah dipisahkan dengan jarak 1000 mil dari India.

Sejak semula berbagai ketidaksamaan dari pembagian ini menimbulkan kesukaran titik walaupun Pakistan Timur meliputi hanya seperenam dari daerah Pakistan Barat penduduknya berjumlah lebih dari Separuh penduduk Pakistan dengan di antara  berbagai kelompok etnik. Selama bulan-bulan yang menyusahkan dari Maret sampai Desember 1971, 57-75% dari total bantuan untuk rakyat Bangladesh diberikan oleh pemerintah Amerika Serikat dan sejumlah besar badan-badan sukarela dari Amerika termasuk gereja dan badan-badan misi. Kegiatan-kegiatan ini telah membantu memulihkan Citra Amerika.

 

 Sejarah Kristen

 Orang-orang Kristen di Bangladesh secara relatif sedikit jumlahnya walaupun bukan karena agama Kristen terlambat datangnya. Pada tahun  1576 misionaris jesuit telah memasuki wilayah di India segera sesudah penjajahan oleh Portugis. Pada dekade-dekade yang berikutnya ordo Agustinus dan Dominika juga membuka pelayanan di sana Titik pada tahun 1666 diperkirakan ada 33.000 penganut Roma Katolik di Benggala kebanyakan di antara mereka tinggal di sekitar tempat-tempat perdagangan yang didirikan oleh bangsa Portugis.

Misi Protestan di apa yang sekarang bernama Bangladesh menyusul Roma Katolik dalam waktu lebih dari 2000 tahun kemudian Oma ketika William Carrey diutus ke India pada tahun 1793 oleh  Baptist  Missionary Society (BMS) Perkumpulan yang didirikan satu tahun sebelum nya sebagai lembaga pemutus misi luar negeri yang pertama di Inggris). Kelompok ini sekarang termasuk badan gereja Protestan terbesar di negara tersebut dengan memiliki jumlah total anggota hampir 20.000 orang.

Sejak zaman Carey berbagai kelompok baptis yang lainnya juga berperan penting dalam upaya-upaya misionaris protestan di Benggala Timur jemaat-jemaat yang berbahasa menggali yang dihasilkan dari pelayanan kaum Baptis dari Australia dan Selandia Baru tergabung dalam Bangladesh baptist Union (yang berbeda dengan baptist Union Of Bangladesh).

 Pintu-pintu bagi penginjilan yang agresif telah terbuka untuk menjangkau kaum Muslim dan Hindu di Bangladesh sekarang ini lebih daripada sebelumnya. Kemiskinan menyusun perang saudara, bencana bencana alam berupa banjir dan Taufan serta kebaikan yang didapat oleh misi-misi Kristen menyusul gangguan-gangguan tersebut telah menciptakan kesempatan-kesempatan di dalam negara yang besar dan yang lama diabaikan ini. Kesempatan-kesempatan tersebut harus digunakan sebelum terlambat.

 

Bab IV

BHUTAN

oleh  BillY BRAY

 

 Gereja pada saat ini

 Billy Bray Adalah seorang jurnalis fotografer lepas yang melayani terutama organisasi-organisasi Kristen di Asia Tenggara titik Setelah bertugas dengan pasukan militer Amerika di daerah tersebut, dia tetap tinggal Sebagai wartawan untuk sebuah surat kabar di Bangkok dan sebagai seorang wartawan setempat untuk majalah newsweek dan America Broadcasting Company (ABC). Pada tahun 1970 dia membentuk newsasia, suatu penyiaran berita khusus dia telah memberikan sumbangsih berupa sejumlah artikel dan gambar-gambar kepada penerbit penerbit Kristen khususnya yang mempromosikan pelayanan bantuan  Kristen di di daerah.

 SEJARAH MISI PROTESTAN

 Terlepas dari kelahiran dramatis gereja Chengmari  baru-baru ini, pada waktu biar tidak ada kesaksian pribumi terorganisir lainnya tapi percayalah kita punya bagi Kristus yang diketahui oleh di negara Bhutan. Dan pelayanan misionaris yang tak bisa dipungkiri di pedalaman juga merupakan perkembangan yang menguntungkan pada dekade yang lalu.

 Pada tahun 1065 Craig Diijinkan membuka Rumah Sakit pertama di kerajaan yang terpencil dan terbelakang tersebut tetapi masalah kesehatan menghalangi dia untuk tinggal. Pada saat ini rumah sakitnya dioperasikan oleh Mission dekat ibukota timbul dan dilengkapi dengan tenaga seorang dokter Inggris beserta istrinya dan Seorang perawat Inggris yang berpengalaman dari India. Orang-orang Kristen dari daerah Darjeeling bekerja sebagai tenaga staf dan perawat nya yaitu ibu Clark, merencanakan untuk membuka sebuah klinik yang lain.

 

Sejarah misi Katolik

 Pelayanan Katolik di Bhutan, Yang juga baru saja dimulai, terbatas pada sebuah sekolah Putra Roma Katolik yang bertumbuh dengan cepat, yaitu Santo Xaverius, di Thimbun. Sekolah tersebut dijalankan menurut cara-cara cambridge oleh sebuah kelompok jesuit dari Kanada.Bagaimanapun juga, pada masa yang silam banyak kerajaan raja Bhutan telah belajar di sekolah Santo Joseph di Darjeeling, India, dimana tempat sebuah Gereja Katolik yang besar. Beberapa upaya Katolik untuk menerobos hutan telah datang dari markas ini .

 

 Negara dan Bangsa

 Misteri di sekeliling "kerajaan pertama" di awan-awan ini dijelaskan baik oleh keadaannya yang terisolasi Secara geografis maupun oleh Semangat Kemerdekaan yang dahsyat dari para petaninya yang penduduk gunung dari Mongolia dan Tibet. Sebelum Cina merah menaklukan Tibet pada tahun 1959, kerajaan Tibet yang sama-sama terpencil ini adalah rekan perdagangan yang utama bagi putan dan juga Sumber berita serta Mitra pertukaran budaya. Secara history dan bahkan lebih terpisah sendiri daripada Tibet. 11 hubungan lainnya dengan dunia adalah sepanjang jalan perdagangan yang sempit dari India Utara.

India sekarang bekerjasama dengan hutan dalam mendirikan industri industri modern di negara tersebut. Sebuah pabrik pengawetan buah-buahan dan sebuah tempat penyulingan beroperasi di Samchi, dekat perbatasan di Bhutan sebelah barat daya. Berbagai industri rakyat berskala kecil di Bhutan yang menghasilkan Tekstil, barang-barang dari kayu, produk-produk dari kertas, barang-barang dari kulit dan barang-barang dari logam serta di modernisasi. Dengan demikian perkembangan ekonomi dan budaya Bhutan saat ini bergantung pada stabilitas persahabatan India dan Bhutan titik jikalau hubungan Ini terus bertumbuh, Bhutan pasti akan makin lama makin makmur.

 Agama-agama Nasional

 Peranan amat kuat yang dimainkan agama sejak dahulu dalam kehidupan rakyat hutan bisa terlihat dimana-mana. Bendera nasional Bhutan "Negeri naga", memperlihatkan seekor naga Guntur yang sedang mengeram diaplikasikan di atas suatu bidang yang terbagi secara diagonal separuh bagian berwarna kuning cemerlang (mewakili otoritas sekular dari sang raja)  dan separuh bagian yang lain berwarna orange yang menyala (agama Buddha). Keseimbangan ini tampak juga pada menteri nasional, di mana Permata Bunda dengan "8 titik melambangkan 8 jalan" menghiasi seluruh bentuk titik penekanan pada agama tidaklah mengherankan. Dengan demikian meditasi pembacaan ayat kitab suci dan mantra tantric Hindu dan Buddha Mahayana merupakan inti agama orang Bhutan pada saat ini.

 

Harapan Bagi Misi Kristen

 Kota Kalimpong di perbatasan India sudah lama merupakan pusat Berbagai usaha untuk menjagakau Bhutan ( Dan juga Nepal dan sikhim) dengan Injil. Pada tahun 1891 misi Skotlandia Dika Limpo memulai suatu misi Di Bhutan dan salah satu surat doa mereka menggambarkan rakyat di situ sebagai "bangsa yang paling dursila di dunia". Seorang misionaris Skotlandia,A.K.Graham, yang kemudian melakukan banyak usaha untuk mempengaruhi banyak rakyat hutan di daerah perbatasan Bagi Kristus menulis pada tahun 1895 bahwa mereka waktu itu berada "pada ambang pintu dari negara-negara tertutup ini".

 Bhutan sangat ingin membuka jendela jendelanya bagi angin segar modernisasi titik seorang pejabat berkata kepada saya, "Kami takut perkembangan kami terbelakang. Namun banyak orang tetap  takut terlalu cepat ". Ketakutan ini, digabungkan dengan prasangka-prasangka keagamaan anti Kristen yang tersebar luas kemungkinan akan terus memperlambat penginjilan di hutan dan menghambat berbagai mukjizat lebih lanjut dari campur tangan Ilahi titik tetapi pertumbuhan yang menakjubkan baru-baru ini dari sebuah Gereja Kristen Nepal yang kecil di negara tersebut merupakan suatu pertanda untuk mengobarkan doa dan iman bagi negara mungil tersebut pada waktu yang tepat ini.

 

BAB V
BRUNAI
Oleh Peter Hsieh dan Russell Self

 

Pendahuluan

Bagaikan dua gigi  bertakuk, negara kecil Brunei terletak di pantai utara Pulau Kalimantan yang berlekuk pada pertengahan nya. Pada kedua Sisinya terletak dua negara bagian di Malaysia Timur yaitu Serawak dan Sabah. Pada sepanjang 75 mil yang kaya endapan minyak itu menghadap ke Laut Cina Selatan. Negara itu membentang 50 mil ke daerah hutan dan gunungnya yang dihuni oleh Rp15.000 dari berbagai suku titik kelompok-kelompok yang utama adalah suku dusan kedamaian dan Iban titik lebih dari separuh penduduk Brunei yang berjumlah  145.000 orang adalah orang Melayu yang memberikan dasar berpijak agama Islam kepada negara tersebut. Kelompok yang sisa adalah suku Kalimantan yang dahulu dianggap terletak jauh terpencil dan imigran Cina yang selama bertahun-tahun telah menambah sekitar 25% dari penduduk dan merupakan pengusaha .

Peter Hsie sekarang adalah sekretaris umum dari Lembaga Alkitab Singapura didik sebagai tamatan Universitas fukien dan Western srte Union Theological Seminary (Amerika Serikat), dia selama ini menjadi pendeta gereja Presbyterian di Malaysia dan dekan darinTrinity Theological College,Singapura.

 

 

 

Gereja pada saat ini

 Orang-orang Kristen Brunei kebanyakan adalah orang Cina dan para pekerja pendatang di industri minyak yang terus bertumbuh dan berjumlah sekitar 4300 orang, atau sedikit lebih banyak dari 3% seluruh penduduk. 80% dari mereka ini adalah penganut Roma Katolik. Kelompok Protestan tertua yang dominan adalah anglican karena hubungan history Brunei dengan Inggris. Pada dekade yang lalu dua kelompok Kristen berorientasi yang dinamis dan mandiri setelah didirikan di ibu kota Bandar Seri kebangkitan di sebuah rumah pada tahun 1964 Bethel chapel telah berkembang menempati sebuah flat seawan dengan pengunjung setiap minggu rata-rata 75 orang.

 Kelompok Kristen Mandiri lain yang mengadakan kebaktian di sebuah flat lantai kedua di jantung ibukota, dikenal sebagai persekutuan Kristen Brunei. Disitu ada sekitar selusin orang percaya. Dengan bantuan gres Chapel di Manila persekutuan orang Kristen Brunei sedang melakukan beberapa pelayanan yang sangat efektif di antara suku-suku itu.

 Sejak tahun 1971 sekitar 40 orang Kristen dari Korea yaitu para pekerja pendatang di ladang-ladang minyak, mengadakan kebaktian dengan gembala sidang mereka sendiri di Sungai Liang. Kelompok-kelompok Protestan lainnya termaksud Little Flock (kawanann kecil) Cina pribumi dengan kurang lebih 20 anggota, dan gereja-gereja true Yesus.

Misionaris yang bukan Katolik di negara ini hanya 2 pekerja titik Dengan demikian beberapa kelompok Kristen injili di Brunei semuanya kecil dan kurang memiliki kepemimpinan yang kokoh tidak ada satupun pekerja Kristen nasional purnawaktu di Brunei.

 Negara Dan Bangsa

 Walaupun distribusi kekayaan dan bangsa tidak merata di Brunei, tidak ada kekurangan dalam bidang ekonomi titik bagi sebagian besar orang hidup sangat mudah walaupun mobil per kapita penduduk dianggap sangat tinggi untuk sebuah negara kecil semacam itu. Standar hidup yang relatif tinggi di Brunei sebagian besar didasarkan pada ladang-ladang minyak nya. Pada tahun 1929 ladang minyak yang pertama dibuka di Serea, dan sejak penemuan-penemuan di lokasi lepas pantai sangat berhasil. Hasil minyak mentah melampaui 100 juta us dolar per tahun, dan dengan krisis energi dunia saat ini maka suatu pemasukan kan yang besar dan tetap dijamin untuk perkembangan negara pada masa yang akan datang.

Banyak diantara generasi yang lebih tua masih tidak dapat membaca dan menulis, tetapi pihak pemerintah sedang melakukan segala sesuatu yang mungkin untuk meningkatkan pemberantasan buta huruf. Dari suatu presentasi yang rendah 26% pada tahun 1947 orang yang melek huruf telah melompat menjadi 47% pada tahun 1960 dan terus meningkat secara tetap. Sebagian besar anak mendapat pendidikan sekolah dasar; pendidikan tingkat menengah tersedia titik, dan ada satu institusi perguruan. Pendiri sebuah universitas di Brunei sedang dibahas persoalan yang penting nanti ialah pendayagunaan yang bermanfaat dari para tamatan sekolah itu pada masa yang akan datang melalui perkembangan struktur struktur ekonomi yang baru.

 Melayu adalah bahasa nasional dan Inggris adalah bahasa terpenting kedua. Sekolah-sekolah yang lain menggunakan bahasa Cina. Pada tahun 1971 subsidi oleh pemerintah dihentikan kepada semua sekolah swasta, tetapi pemerintah hampir tidak mencampuri program karena standar-standar mereka yang tinggi.

Sejarah Nasional

 Brunei adalah sebuah negara yang sudah lama berdiri di dunia Melayu sejak tahun 600 M. Sejarah Cina menceritakan tentang beberapa kunjungan para Utusan dari suatu negara yaitu jauhnya 45 hari pelayaran dari Cina. Mooi, seorang  sejarawan menyatakan bahwa Brunei berasal dari bahasa Sansekerta, yang menunjukkan pengaruh Hindu. Ketika agama Islam datang baru Brunei mulai mencatat sejarahnya. Urutan yang pertama adalah Sultan Muhammad yang memeluk agama Islam saat menikah dengan seorang putri dari Johor. Selama masa pemerintahan Sultan Bolkiah pemerintah Brunei katanya meluas sampai ke Filipina.

 Sultan yang memerintah adalah Kepala negara dan ia memilih Dewa legislatifnya sendiri. Pemerintah Inggris melalui komisaris tinggi yang ada memberikan nasihat mengenai urusan urusan Luar negeri dan keamanan. Pada Oktober 1967 Sultan menyerahkan terima kasih tahtanya kepada putranya yang menjadi Sultan Hassanal Bolkiah.

 Meskipun agama negara di Brunei adalah Islam Sultan bersikap toleran terhadap agama-agama lainnya. Pada tahun 1973 dia menegaskan kembali kebijakan ayahnya bahwa kelompok-kelompok gereja yang ada harus dihormati dan bahwa tidak ada kelompok-kelompok misi baru yang diizinkan masuk. Para penginjil dari Asia yang berkunjung tidak mengalami kesulitan untuk melayani melalui gereja-gereja yang ada.

 

 Sejarah Kristen Dan Masa Depannya

 Terlepas dari misi anglikan kecil yang adalah hasil pendudukan Inggris pada abad 19 komunitas-komunitas Kristen di Brunei hampir seluruhnya merupakan para pendatang dari Hongkong dan dari provinsi  tukien Di Cina. Beberapa orang Kristen dalam perjalanan ke luar negeri mendorong para pelayan Injil untuk berkunjung ke Brunei dan membantu bersaksi disana titik Beberapa diantara mereka ini datang sebelum Perang Dunia II walaupun kebanyakan datang sesudah itu.

 Jika ingin gereja itu bertumbuh, kaum awam setempat harus dilatih untuk memikul tanggung jawab bagi penginjilan. Kawula Muda Kristen harus diutus ke luar negeri untuk dididik titik sarjana bersaksi bentuk baru seperti dan perkumpulan-perkumpulan di Kampus harus dikembangkan titik dengan tidak diizinkan nya misionaris baru. Maka gereja dalam negeri bagaimanapun juga harus diperbaharui untuk menginjili negeri yang mungil ini.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Bab IV

Burma( Myanmar)

Oleh William d. Hackett

 

Pendahuluan

 Dikenal dalam sejarah misionaris sebagai kubu si gagah berani Judson di Asia (Judson Adalah misionaris asing  pertama di Amerika Utara). Burma terus berada dalam keadaan rusuh sejak pendudukan Jepang pada tahun 1942. Walaupun akhir dari Perang Pasifik membawa kemerdekaan dari pendudukan Jepang dan juga dari realisme Inggris, kurang itu membuat negara tersebut menjalani perebutan kekuasaan yang pahit antara golongan-golongan dari para pemimpin nasional yang tidak berpengalaman.

 Konflik secara paksa diakhiri oleh sebuah kudeta militer pada tahun 1965 dan ditetapkannya "Burma menuju sosialisme". Hal ini membuat  pada tahun 1966 terjadi pengusiran bukan hanya terhadap semua misionaris asing. Tetapi juga terhadap semua orang asing, dengan demikian menutup kesempatan bagi negara dan gerejanya untuk berhubungan dengan dunia luar. Tetapi akhirnya pada bulan Juni 1970 saya bisa mengunjungi para pemimpin Kristen di Burma dan mengadakan suatu penyelidikan mendalam mengenai pekerjaan Allah selama 4 tahun yang tanpa berita itu.

 

 Gereja Pada Saat Ini

 Ini semua pemimpin gereja terkecuali para Uskup Roma Katolik menyatakan bahwa sejak kemerdekaan terdapat pertumbuhan keanggotaan gereja secara lambat tetapi tetap. Beberapa angka yang dapat mereka berikan tampaknya menunjukkan suatu kenaikan 2 sampai 2,5% per tahun selama 5 tahun belakangan ini. Pada tahun 1972 kenaikan jumlah anggota yang dibaptiskan ialah 3%, dengan pengolahan sebuah gereja baru setiap minggu titik pada tahun 1974, kaum baptis mencatat 10.450 anggota baru.

 Banyak orang melaporkan adanya Respon yang membesarkan hati terhadap pemberitaan Injil di antara kaum Budha dan animis dan sejumlah besar orang yang bertobat di banyak tempat. Para pemimpin gereja itu memberikan kesan bahwa, mengingat berbagai penyesuaian gereja itu memberikan kesan bahwa, mengingat berbagai penyesuaian yang terpaksa dibuat oleh setiap denominasi. Setelah semua tenaga asing dikeluarkan angka pertumbuhan selama ini bagus.

 Orang-orang Kristen dapat memberikan pengaruh pada total masyarakat jauh melampaui kekuatan mereka dalam angka titik karena mereka seringkali dikaitkan dengan para penguasa kolonial Inggris terdapat suatu masa setelah kemerdekaan ketika mereka dicurigai sebagai tidak memiliki semangat yang cukup nasionalistis. Untuk beberapa waktu lamanya nasionalisme dan Budha digolongkan bersama-sama; misalnya seorang Burma yang baik ialah seorang Buddha yang baik titik tetapi karena banyak orang Kristen telah mengabdi dengan setia di dalam ketentaraan pamongpraja persekolahan, dan profesi dokter Maka terdapat sikap yang lebih toleran pada tahun-tahun terakhir ini.

 Banyak pemimpin khususnya pada tingkatan lokal di daerah daerah perbatasan adalah orang-orang Kristen dan mempunyai pengaruh yang besar dalam urusan-urusan setempat. Walaupun tidak ada satupun orang Kristen dalam dewan revolusioner ada banyak orang yang melayani di dalam jabatan-jabatan administrasi yang tertinggi di departemen-departemen pemerintahan di seluruh negara tersebut.

 Ne win telah menyatakan setuju terhadap kebebasan beragama. Pemerintahan membatalkan rancangan undang-undang yang diajukan untuk menjadikan Buddha sebagai agama negara. Tetapi bagaimana dengan kesehatan gereja itu sendiri di Burma saat ini hampir satu dekade setelah revolusi, bagaimana sikap dan ruang lingkup gereja Protestan dan berbagai kegiatannya? bagaimanakah pengaruh pengusiran para misionaris terhadap pelayanan gereja?

 Hampir semua denominasi gereja di Burma pada saat ini dapat diklasifikasikan secara teologi sebagai konservatif, kalau tidak fundamentalis. Kelompok-kelompok Kawula Muda, perkumpulan wanita, dan organisasi organisasi gereja lainnya dengan sepenuhnya atau sebagian membiayai para pekerja penginjilan diantara orang-orang yang terlalu miskin untuk membiayai pendeta mereka sendiri. Menurut pendapat gereja-gereja Burma tidak ada tandingannya dengan dalam Pengabdian mereka pada misi penginjilan mereka.

 Pelatihan kepemimpinan  untuk pelayanan Kristen purna waktu telah dan terus merupakan perhatian utama gereja-gereja. Burma adalah salah satu di antara sedikit negara di dunia dimana terdapat lebih banyak pendeta dan penginjil yang terlatih daripada gereja yang terorganisasi dengan hasilnya benar-benar ratusan anak muda ditempatkan di desa-desa non Kristen untuk memenangkan baik pria maupun wanita Bagi Kristus dan untuk akhirnya membentuk gereja-gereja baru. Mungkin ada akan memakan waktu 12 sampai 15 tahun tetapi mereka mendapat dukungan finansial dan doa dari sebuah kelompok sampai tugas itu diselesaikan. Konvensi Baptis Burma saja mendirikan 12 seminari dan sekolah sekolah alkitab dan pada bulan Juni 1970 ada hampir 1000 mahasiswa di sekolah-sekolah ini lembaga-lembaga pelatihan yang serupa dari denominasi denominasi lainnya termaksud kaum Katolik yang sangat terlambat memasuki bidang ini sekarang mendaftarkan lebih banyak mahasiswa daripada sebelumnya orang-orang yang melamar pada seminar-seminar sekarang lebih tinggi pendidikannya daripada yang sebelumnya dengan banyak yang memegang gelar sarjana muda dalam bidang ilmu sosial, hukum atau pendidikan.

 

Kesempatan kesempatan dan kebutuhan-kebutuhan
 dalam penginjilan saat ini

 Sampai sekarang sudah berada dalam ujian yang berat selama hampir tiga dekade titik tidak seorangpun di antara Kawula muda dan hanya sedikit diantara orang-orang tua mereka pernah mengenal suatu kehidupan tanpa ketidakpastian. Sebagian besar orang-orang Kristen adalah anggota dari gereja-gereja pedesaan, dan selama puluhan tahun daerah-daerah pedesaan berada diluar pengawasan pemerintah yang efektif. Walau demikian, sepanjang tahun penduduk Jepang serta pemberontakan- pemberontakan yang kemudian terjadi sejak kemerdekaan gereja terus bertumbuh pada suatu angka tahunan yang tetap yaitu 2,7 sampai 3% sebagian besar di antara kelompok-kelompok suku.

 Laporan laporan mengenai respon terhadap pelayanan penginjilan diantara orang lebih jarang; orang masih tidak mau bertaubat di antara penduduk yang mayoritas beragama Buddha itu. Beberapa pemimpin karena merasa bahwa mereka harus melakukan suatu usaha besar Untuk menjangkau orang-orang Burma, tetapi ketakutan-ketakutan yang bercokol   secara mendalam di antara kelompok-kelompok etnik merintangi usaha  pemberitaan tersebut. Meskipun demikian sebuah program pokok Kristen, yang dimulai kendatipun mendapat tantangan besar di sebuah daerah pinggiran kota Rangoon. Beberapa tahun yang silam, telah memenangkan 120 orang baru dari antara orang Burma penganut Buddha, beberapa diantara mereka mempunyai status yang tinggi di dalam masyarakat.

 Selalu ada penitikberatan pada penginjilan kaum awam Banyak kaum awam telah berubah dan bersaksi dengan kemampuan yang sama seperti pendeta. Penekanan baru sekarang diletakkan pada bersaksi orang perorang dan banyak gereja mengadakan kelas-kelas dengan berbagai metode. Deklarasi kebebasan beragama oleh dan dengan revolusioner memberikan kebebasan untuk berkhotbah untuk membagikan buku-buku dan brosur brosur untuk berusaha menarik orang masuk Kristen dan untuk melaksanakan kegiatan-kegiatan penginjilan dibatasi hanya oleh kondisi kondisi yang tidak pasti di dalam negeri dan larangan mengadakan perjalanan ke daerah-daerah perbatasan yang dikuasai pasukan pemberontak. Kelihatannya ada toleransi agama yang sungguh-sungguh di antara golongan yang lebih besar dalam komunitas Buddha dengan mengijinkan orang-orang Kristen bersaksi asalkan mereka tidak menyinggung perasaan keagamaan para penganut Buddha.

 Sejarah pertumbuhan gereja di Burma penuh dengan kisah-kisah mengenai orang-orang Kristen generasi pertama yang telah mengadakan berbagai proyek misi sampai ke perbatasan perbatasan paling jauh di negeri itu. Ko Tha Byu, seorang yang berbalik menjadi Kristen menjadi seorang penginjil Karen yang hebat dan orang-orang Karen telah mengikuti teladannya dengan menjangkau kelompok-kelompok etnik lainnya dengan berita Injil. Jadi gereja di Burma mempunyai sejarah usaha misionaris yang telah menetapkan sasaran-sasaran untuk saat ini.

 Banyak orang yang berkunjung ke Burma dalam beberapa tahun yang silam telah pulang dengan perasaan tergetar oleh visi yang berlanjut dari para pemimpin gereja Burma yang baru dan giatnya komunitas Kristen. Berbagai rencana untuk memperluas pelayanan misi dalam negeri kepada semua kelompok etnik yang besar dan beberapa yang kecil telah berhasil. Konvensi dan Konferensi nasional,Perkumpulan-perkumpulan daerah, gereja-gereja individual himpunan Usahawan Kristen, perkumpulan wanita dan bahkan para anggota gereja individual menyokong ratusan pekerja di bidang misi dalam negeri itu. Tinjauan atas negara Burma Berikut ini akan menolong menjelaskan lingkungan kontemporer di mana Gereja Burma yang penuh keberanian sedang mengabarkan Injil.

 Negara dan bangsa

 Serikat rumah dengan luas daerah 262.000 mil persegi, ialah negara terbesar di dataran Asia Tenggara titik negara tersebut berbagi perbatasan yang panjang di sebelah timur dengan Thailand di sebelah timur laut dengan Cina, dan di sebelah barat laut dengan India dan juga perbatasan perbatasan yang lebih pendek dengan Laos dan Bangladesh di sebelah timur dan barat. Tidak pernah diadakan sensus penduduk selama bertahun-tahun tetapi pada tahun 1971 itu diperkirakan jumlah penduduk adalah 28.400.000 jiwa kepadatan penduduk kira-kira 103 jiwa per meter persegi dan angka pertumbuhannya diperkirakan 2,3% per tahun.

 Sekitar 19.500.000 orang Burma merupakan kelompok etnik yang paling besar. Bergantung pada bagaimana mereka diklasifikasikan dan dikelompokkan bersama-sama kelompok kelompok etnik yang besar lainnya adalah sekitar 3000.000 orang keren, 1.500.000 orang San, 500 juta orang Chin, 500 juta orang kachin,500 juta orang Cina, 500 juta orang India dan Pakistan, dan sejumlah kecil kelompok etnik yang kemungkinan semuanya mempunyai hubungan jauh dengan kaum Burma Tibet yang asli.

 Bahasa Burma, yang berkaitan dengan bahasa Tibet dan bahasa Cina  merupakan bahasa nasional resmi dan dengan cepat menjadi bahasa umum di sebagian besar wilayah negeri itu walaupun masih ada kira-kira 128 bahasa dan dialek lain yang dipakai titik kekacauan bahasa ini dipergunakan untuk menindas pemberontakan, telah menyebabkan kelompok-kelompok etnik  mempertahankan identitas kebudayaan mereka waktu menghadapi program-program pemerintah yang hendak Menetapkan suatu identitas nasional dan juga lah ikut menimbulkan konflik antar etnik yang telah mengganggu Burma sejak kemerdekaannya pada bulan Januari 1948.

 Pada tahun 1866 waktu Inggris menyerbu Burma bagian pegunungan tinggi orang-orang Burma di pegunungan rendah mengambil kesempatan untuk memberontak. asal usul etnik di Burma paling rumit. Orang-orang Melanesold, Negrito, veddoid yaitu kaum nomaden yang adalah petani petani di lereng gunung yang berbicara dengan sejumlah dialek yang berbeda, termasuk berbagai tipe kaum Karen, Lahu,Wa dan kachin telah mendiami negeri itu sebelum zaman kristus.

Asal-usul  etnik di Burma paling rumit. orang-orang Melanesoid negrito dan veddoid yaitu kaum Nomaden yang adalah petani petani di lereng gunung yang berbicara dengan sejumlah dialek yang berbeda, termasuk berbagai tipe kaum Karen, Lahu dan lainnya mendiami negeri itu sebelum zaman Kristus. Menjelang abad XIX kaum Burma mendirikan sebuah ibukota di pagar dan mereka menaklukkan orang-orang asing atau penampung orang-orang tersebut. Selama VIII abad berikutnya nasib kerajaan Burma mengalami pasang-surut karena berbagai kontak dan konfliknya dengan banyak negara tetangga yang menyerap Banyak ide dan bentuk kebudayaan yang baru. Yang cukup penting diantaranya ialah agama Budha dan simbol-simbol kekuasaan raja yang berasal dari aliran-aliran Hindu.

 Kemudian dalam kontaknya dengan negara-negara Barat ke Burma sayangnya harus berurusan dengan para gubernur jenderal India yang mengurus kerajaan dan dalam rangkaian tiga peperangan selama 60 tahun rumah ditaklukan oleh Inggris dan akhirnya jatuh di bawah kekuasaan Kolonial pada tahun 1855. 63 tahun berlangsung sebelum Burma ditaklukan oleh Inggris dan akhirnya kembali menjadi merdeka, dan selama kurun waktu kekuasaan Kolonial tersebut negara itu menderita kehancuran sosial dan kemunduran kebudayaan yang hebat. Tetapi sebelum jalan ini membawa banyak lalu lintas tentara Jepang mencaplok Burma dan sarana-sarana lain untuk mengirim pembekalan kepada kaum nasionalis Cina harus dikembangkan. Selama hampir 2 tahun sebelum perbekalan masuk melalui udara pesawat C-47 yang terkenal mondar-mandir dari India timur laut ke kunming.

Daerah-daerah yang dahulu tidak dapat dijangkau terkecuali dengan lembu beban atau kereta bagal sekarang menjadi jalan lebar dengan permukaan yang berbatu Kerikil dan bertahan dalam segala cuaca. Sejumlah besar suku suku yang sangat primitif di daerah ini terjun ke dalam peperangan modern dan menghancurkan berbagai situasi kebudayaan titik tetapi jalan tersebut juga menjadi jalan untuk menyampaikan injil, dan banyak dari gereja-gereja dan konferensi-konferensi gereja di Burma Utara mengutus para misionaris ke daerah ini titik dalam beberapa kasus seluruh daerah Kristen berpindah ke tanah yang bagus di sepanjang jalan Burma dan memberitakan Kristus kepada suku-suku animistis yang belum pernah dijangkau. Sedikit saja di antara suku-suku ini yang merupakan pengayau, dengan menaruh tulang tengkorak musuh-musuh mereka pada tiang-tiang di depan rumah-rumah suku. Mereka dengan keyakinan bahwa dengan berbuat demikian mereka memperoleh bantuan roh-roh dari orang-orang yang dipenggal kepalanya itu untuk melindungi desa.

 Dengan demikian peperangan membuka negara tersebut bagi Injil, dan sejak itu kaum kah Cin, naga, dan Karen yang beragama Kristen telah mendirikan gereja gereja dan sekolah sekolah di sana dan mengutus anak-anak muda yang menjanjikan untuk memperoleh pendidikan di sekolah sekolah alkitab dan seminari seminari. Kelompok pertama dari para pemimpin yang sudah dididik ini sekarang kembali di antara orang-orang mereka.

Pemerintah militer yang baru Meremehkan pola pemerintahan yang konstitusional. "Burma menuju sosialisme," yaitu ideologi revolusi sosial, setelah diadakan dengan kejam dilaksanakan oleh kekuatan militer. Bisnis bisnis swasta yaitu tanah, pabrik, tokoh-tokoh, dan bioskop-bioskop disita. Semua lembaga medis dan pendidikan dinasionalisasikan;

       Pemerintah mengambil alih semua aset tetapi membiarkan tanggung jawab dipikul oleh para pemilik terdahulu titik pemerintah tersebut memenjarakan para lawan politik tanpa diadili selama 6 tahun dan dengan kasar mendiamkan para perancangnya dalam bidang bisnis dan seringkali dengan menaruh mereka dalam tahanan. Hal tersebut membuat sistem pengadilan sipil melayani tujuan revolusi.

       Kaum nasional Burma dilarang meninggalkan negeri kecuali berbagai Wakil pemerintah yang resmi, dengan demikian kontak-kontak internasional diputus. sampai tahun 1970 tidak ada visa wisata yang dikeluarkan titik tidak ada buku-buku yang dicetak dalam bahasa-bahasa Burma yang dapat diimpor atau dijual dan pelitnya pemberian izin impor untuk buku-buku dalam bahasa-bahasa lain secara efektif memotong bahan-bahan bacaan.

       "Rumah menuju sosialisme" sebagaimana dikemukakan oleh "dewan revolusioner" pimpinan Ne Win Menekankan posisi kaum petani di dalam masyarakat tetapi tidak bergerak kearah menjadikan tanah sebagai milik bersama. tingkat dan kondisi ekonomi secara umum sangat buruk titik produksi pertanian rendah, sebagian disebabkan karena para petani kurang percaya pada sistem sosialis. Persediaan uang berada pada tingkat yang tinggi yang belum pernah terjadi sebelumnya, dan harga-harga telah membumbung dari 300 menjadi 500% Diatas Normal. Produksi Industri menurun karena kekurangan bahan bahan mentah dan suku cadang mesin dan karena tidak disiplinnya tenaga kerja.

 

 Angka-angka statistik tidak dapat dipercaya titik surat kabar yang dikuasai pemerintah yaitu "working people Daily"melaporkan Pada tanggal 16 Januari 1969:

Kelihatannya ada suatu kecenderungan yang tidak sehat untuk menyembunyikan kenyataan banyak orang takut mengalami bahayanya jika kebenaran di singkapkan akibat ialah timbul kemunafikan dan penipuan fakta menunjukkan bahwa seluruh ekonomi bergantung pada produksi dan ekspor beras angka-angka ekspor telah menurun tajam sejak tahun 1959 laporan anggaran belanja negara tahun 1968 sampai 1969 memberikan angka-angka ini rata-rata masa sebelum perang tahun 1937 sampai 1940 2,608 juta ton: 1959 1,77 juta ton 1968 0,34 juta ton titik Dalam Seminar petani pada tahun 1968 alasan terjadinya kondisi ini katanya adalah perlunya lebih banyak peralatan pertanian benih-benih yang unggul air untuk ladang-ladang makanan hewan untuk kerbau, fasilitas-fasilitas pemasaran keamanan dan Komisi pertahanan yang jujur.

 

 Dalam beberapa hal kondisi politik sekarang kelihatannya lebih rela secara berulang-ulang menekankan kepemimpinan kolektif dan pemerintahannya mendesak agar tentara harus berpartisipasi dalam urusan urusan sosial serta melahirkan kesadaran politik. Ada anjuran agar pemerintah berpartisipasi melalui golongan- golongan baru dalam masyarakat. Banyak tahanan politik telah dilepaskan dan sebagian diminta untuk memberikan nasihat pada pemerintah militer. Beberapa kecaman terhadap kebijakan-kebijakan pemerintah negara telah diizinkan dimuat dalam surat kabar dan telah mengakui bahwa tentara mungkin telah berbuat salah dalam bidang-bidang tertentu. Tetapi pada dasarnya kebijakan partai mengikuti petunjuk para pemimpin sayap kiri.

 Pada saat yang sama para penghambat di Thailand berkeyakinan bahwa berbagai kegiatan pemberontakan meluas sampai melebihi 40% dari negara itu James Dalton yang menulis dan dan menyatakan:

Sebagian besar mantan pemimpin politik negara itu berada di dalam pengasingan, atau bergabung dengan kelompok-kelompok pemberontakan bersenjata, atau dipenjarakan, atau dikenakan tahanan rumah di daerah.  Pemerintah bergantung pada ideologinya yang radikal untuk membentuk kembali seluruh rakyat Burma, menjadi kaum sosialis dan nasionalis singkatnya minoritas minoritas etnik menghadapi suatu situasi di mana pemerintah nasional di tampaknya merupakan penguasa yang paling tidak simpatik diantara semua yang pernah memegang kekuasaan serta kemerdekaan pada Tahun 1948.

Media massal di Thailand dan Hongkong melaporkan secara luas berbagai kegiatan pasukan tentara merah Cina di Burma timur laut pada permulaan tahun 1970. IX pertempuran besar diakui oleh tentara Burma, dan sumber-sumber lain di Burma melaporkan lebih banyak lagi titik Beberapa perang saudara yang nonkomunis oleh kelompok-kelompok etnik melawan pemerintahan revolusioner setelah di negeri tersebut menjadi golongan-golongan, dengan demikian membuatnya lebih mudah mendapat tekanan tentara merah Cina.

 Seperti banyak negara di Asia Tenggara telah dipengaruhi oleh ideologi Marxisme. Sebelum Perang Dunia Ke-II perhimpunan mahasiswa Universitas di mohon merupakan pusat bagi gagasan Community tetapi sukar untuk memperkirakan pengaruh ide-ide tersebut karena juga merupakan tempat bercocok nya nasionalisme serta gerakan kemerdekaan. Nasionalisasi ialah fondasi dari doktrin tauhid dan kesejahteraan sosial ialah sasarannya; Penghancuran sistem kapitalis tidak terpikirkan. Selama bertahun-tahun Burma telah memandang ke China sebagai arena dari suatu eksperimen baru yang besar dalam perubahan sosial dan telah mencontoh bagi programnya berdasarkan apa yang dilihat oleh para pemimpin Burma dalam sejumlah kunjungan ke China. Dengan daerah perbatasan yang panjang, yang tidak dijaga Burma memilih bersikap Netral dengan berharap agar tidak menjadi arena pertempuran antara ideologi barat dan komunis.

 Beberapa pengamat menafsirkan serangan langsung baru-baru ini oleh tentara merah Cina di Burma timur laut sebagai suatu pengakuan oleh packing bahwa penyusupan komunis selama ini tidak berhasil.

 

 Agama-Agama Nasional

 Agama terjalin secara kuat dengan struktur masyarakat berupa; kepercayaan dan praktik-praktik keagamaan menyatu dengan kehidupan keluarga masyarakat dan bangsa. Hal ini berlaku baik untuk kepercayaan tradisional agama Buddha maupun animisme. Sebetulnya agama Buddha masih percaya pada roh-roh yang merupakan kepercayaan tradisional sebelum agama Buddha diperkenalkan kepada orang Burma pada abad 11 oleh pendiri ke kaisaran kafir. Spritisisme digabung dengan Magicom berbagai pertanda, dan tanda-tanda astrologis. Sesuatu yang bersifat melindungi diletakkan pada suatu tempat yang strategis misalnya di menara penjaga atau di pintu gerbang dengan cara menguburkan seorang korban yang malang secara hidup-hidup di dalam pondasinya. Yang telah diambil hatinya sebelum suatu tindakan yang penting diambil. Kekebalan dapat dicapai dengan mentato gambar-gambar tersebut pada lengan atau punggung, dan obat-obatan gaib digunakan untuk tujuan perlindungan.

 Opini umum menganggap ketaatan beragama sebagai suatu kewajiban yang hakiki. Pejabat pemerintah yang tertinggi atau pegawai pegawainya yang terendah tidak akan melewati kuis tanpa berhenti untuk memberi hormat dengan membungkukan badan. tuduhan yang paling serius terhadap kaum komunis adalah bahwa mereka menghina kepercayaan kepercayaan agama. Beberapa penganut marxist di dalam pemerintahan secara hati-hati menyatakan kepercayaan mereka bahwa materialisme berdasarkan dialektika dan Nirwana dapat diselaraskan.

 

BAB VII

CINA

(REPUBLIK RAKYAT CINA)

 

Selama 25 tahun misterius relative telah menyelimuti kondisi yang sesungguhnya dari jemaat Yesus Kristus di RRC. Informasi yang diperoleh tidak lengkap dan kadangkala malah bertentangan. Berbagai Gerakan  dan sikap politik sering kali berubah secara radikal. Bagaimanakah keadaan gereja pada saat ini.

Orang-orang yang telah mengunjungi Cina pada awal tahun 1970-an semuanya berbicara tentang suatau bangsa yang “sangat penuh energi, tekun, memperlihatkan tenaga gerak, terlibat secara kolektif dalam tugas-tugas yang berat untuk pembangunan bangsa, namun  cirinya khasnya adalah ramah tamah, bersahabat dan terbuka kepada para pengunjung dari luar negeri.” Di sana tampaknya tidak ada kelaparan ataupun kemiskinan.

Suatu kehampaan rohani yang hebat telah diciptakan di dalam hati ratusan juta orang yang telah diciptakan menurut gambar dan rupa Allah. Dan kehampaan ini pada akhirnya akan membuktikan keruntuhan segala sesuatu yang oleh para penganut Mao telah dicoba untuk melakukan dengan maksud untuk menciptakan kembali manusia. Karena manusia akan terus merasa dunia ini dibayangi (yang kudus) dan akan mencari-cari kemana-mana untuk menemukan Sang Mahatinggi. Manusia akan terus merasakan struktur etis dari hakikatnya dan akan berusaha keras mengatasi soal kebenaran dan kesalahan, suara hati dan keharusan. Dia tidak akan pernah tenang sebelum dia melalui Yesus  Kristus bertemu dengan Oknum yang membayangi alam semesta yang adalah juga pengatur moral alam semesta.

Rupanya beberapa orang di Cina sudah bertemu dengan  yang harus diperhatikan Dia. Laporan-laporan yang terus berdatangan dari China terus beraktivitas-aktivitas dari suatu gerakan Kristiani yang informal, bergerak di bawah tanah, dan bertepi sel. Adakalanya orang mendengar tentang kebangunan rohani titik pada pertengahan bulan Desember 1974 majalah Time memberikan laporan tentang orang-orang Kristen rahasia di Cina ".

 

Perjumpaan Bangsa Cina Dengan Agama Kristen

Sebelum Musa berjumpa dengan Allah di semak berduri yang bernyala-nyala, bangsa Cina sudah mulai muncul sebagai salah satu ras besar umat manusia. Seluruh dinamika kebudayaan mereka-yaitu gaya hidup, pandangan umum, adat istiadat keagamaan, dan institusi-institusi sosial-telah dirumuskan dan mendapatkan penerimaan yang luas pada zaman purbakala. Pada zaman Kristus rakyat Cina telah ditempa menjadi suatu keutuhanan politik. Mereka tidak mengalami suatu revolusi kebudayaan yang besar sebelum muncul Republik Rakyat pada tahun 1949. Memang, seluruh kurun waktu yang kacau balau dari 500-900 M, ketika Eropa barat menghadapi malapetaka total (yaitu diserang oleh kelompok Muslim dari Selatan dan Timur dan oleh kelompok Viking dari utara). T’ang Cina dalam keadaan tenang, barangkali merupakan “daerah yang terkuat di planet ini” (Latourette).

Sekarang Cina sedang menggapai tempat kebesarannya yang sah di tengah bangsa-bangsa. Mao Tse-tung dan orang-orang sebangsanya telah membawa rakyat yang letih berperang, dilanda kemiskinan, sebagian besar buta huruf, dan dikuasai oleh pihak asing yaitu “Manusia Asia yang sakit”. Dan membentuk suatu negara yang stabil secara politik dan dapat berdiri sendiri sendiri secara ekonomi.

Perjumpaan Cina dengan agama Kristen meliputi hampir 1500 tahun. Meskipun demikian, jauh sebelum missionaris yang pertama datang dari Barat, rakyat Cina didatangi oleh orang-orang yang menyembah Allah Abraham, Isak dan Yakub. Para missionaris pertama ke Cina adalah orang-orang Israel yang berdagang sutera yang menggembara jauh dari negeri mereka untuk mencari kain bernilai tinggi ini.

Beberapa missionaris pertama dari Barat tentu terkejut menemukan komunitas-komunitas Yahudi kuno ini di pedalaman Cina. Akan tetapi sedikit saja dari dari kontak-kontak ini. Walaupun orang Yahudi  dan orang Kristen menyembah Allah yang sama, jurang pemisah di antara agama etnik orang-orang Yahudi dan iman Kristen yang universal menghambat interaksi selanjutnya.

Apabila kita membaca catatan Panjang mengenai perjumpaan bangsa Cina dengan agama Kristen, tugas kita sangat banyak. Bagaimankah cara untuk menggali emasnya? Sepanjang hampir seluruh zaman kekristenan, Cina merupakan objek dari gelombang usaha penginjilan yang terus menerus. Ribuan pria dan wanita Saleh pergi ke Cina. mereka memiliki sejumlah bangsa dan segala macam tradisi keagamaan titik pedagang, biarawati biarawati rohaniawan para istri, kaum Awam dan juga wanita, para guru, para pekerja medis semuanya memainkan peranan mereka. mereka melayani selama kurun waktu yang paling Gemilang paling tragis dan paling menggemparkan dalam sejarah Cina. Walaupun mereka menjumpai kesulitan-kesulitan yang sangat besar dan perlawanan yang sungguh-sungguh iman mereka mendapatkan upah dan banyak diantara Rakyat Cina yang sombong yang bersandar pada diri sendiri dan yang mampu memberikan respon kepada berita Kristen. Kita harus menelusuri pokok-pokok penting dari sejarah yang gagah berani ini.

 

 

 

 

Agama agama Kristen Syria  abad VII-X

Agama Kristen pertama diperkenalkan ke Cina semasa dinasti T’ang ( 618-905 M). Agama itu datang melalui para wakil dari gereja Timur yang dikenal sebagai kaum nestorian. Mereka pada mulanya memasuki China lebih sebagai pedagang daripada sebagai misionaris profesional. Kaum nestorian sebagian besar keturunan Yahudi, yaitu keturunan orang-orang yang tidak kembali ke Palestina menyusul pembuangan ke asyur dan Babel selama abad abad permulaan dari ekspansi agama Kristen, kepercayaan Yahudi mereka mendapatkan kegenapan di dalam Yesus Kristus. Akhirnya kaum nestorian kawin campur dengan orang-orang yang berbahasa asyur lainnya di sebelah timur sungai efrat lalu menyebarluaskan iman mereka ke turkestan Mongolia China dan Jepang. Beberapa catatan menunjukkan bahwa orang-orang Kristen Ia juga telah mengunjungi Kristen selama kurun waktu ini tetapi pengaruh mereka kecil.

 Walau demikian Apa yang diketahui ini penting. kaum nestorian menghadapi ke kaisaran yang paling luas di dunia yang sedang mencapai puncak kejayaannya dalam bidang kebudayaan intelektual dan administrasi. Cina mempunyai suatu sistem keagamaan dan etika yang paling canggih; rakyatnya sudah lama hidup dalam suatu lingkungan sinkretisme keagamaan titik pada waktu tentara T’ang menaklukkan Turkestan dan membuka kembali jalur perdagangan lama ke dunia barat maka Alopen Uskup dari Persia merasa bahwa tiba saatnya untuk menginjili ke kaisaran yang kuat ini titik memang, ia disambut dengan baik oleh para penguasa sesuai dengan politik toleransi mereka yang sangat luas dan keinginan mereka untuk membantu perkembangan agama agama asing. Waktu alopen tiba di Chang-an (635) dia hampir langsung ditugaskan untuk menerjemahkan kumpulan ajarannya story dan ke dalam bahasa Cina.  Para sarjana ditugaskan untuk membantunya.

 Tanpa takut pada tantangan tersebut kaum nestorian meneruskan   membangun dan melengkapi biara-biara dengan tenaga staf di kota-kota utama di China mereka juga cukup agresif di dalam pemberitaan mereka tentang iman Kristen. Mereka tekun dalam upaya upaya mereka untuk menyusun berita Kristen dalam bahasa filosofis dari istana penganut confucius itu dengan tujuan untuk membuatnya secara intelektual dapat diterima akal. Walaupun batu peringatan kuno itu menyatakan "agama tersebar luas diseluruh 10 provinsi...Biara biara penuh di 100 kota, "kaum nestorian mengalami serangkaian kemunduran sebagai akibat berbagai intrik pengadilan, sikap iri hati dari para pemimpin penganut Tao Dan Budha, serta pergolakan pergolakan perang saudara. Melalui pengetahuan media dan keterampilan bedah mereka melakukan kaum nestorian memberikan nama baik bagi Agama Yesus tetapi karena kepemimpinan mereka yang non Cina dan sifatnya tidak stabil maka Mereka cenderung di klasifikasi dengan kelompok agama Buddha dan jorok nisme sebagai suatu "agama asing" lainnya. Walaupun biara biara mereka merupakan usaha yang didukung oleh dana sendiri berpemerintahan sendiri dan memperbanyak diri sendiri para rohaniawan Cina hanya diizinkan untuk menduduki jabatan jabatan yang paling rendah titik dari hal ini kita merasa bahwa kaum nestorian memberikan suatu prioritas yang sangat tinggi untuk melayani komunitas  dagang asli pada setiap peristiwa, mereka bergantung sebagian besar pada wakil-wakil komunitas dagang asing itu untuk memberikan inisiatif dan kepemimpinan.

 Kehidupan gereja ini berkurang dengan berlakunya waktu titik faktor yang sangat memperbesar terjadinya pengurangan ini ialah seringnya ada gangguan dalam hubungannya dengan kantor kantor pusat di Mesopotamia. Didalam keterasingan nya gereja nestorian menjadi sasaran berbagai kecenderungan sinkretik. Akan tetapi, pada masa-masa terbaiknya gereja nestorian menunjukkan agama Kristen yang alkitabiah dan terkenal dalam sejarah titik pada waktu itu gereja nestorian secara akurat digambarkan sebagai berikut:

 Kesederhanaan iman dan penyembahan mereka penghormatan mereka pada kitab suci, penolakan mereka pada pemujaan patung dan gambar pada pengakuan dosa kepada imam dan pada doktrin tentang api penyucian serta sikap mereka yang tidak memuja roti di dalam perjamuan kudus menjadikan mereka kaum protestan di Asia.

 

 

 

 

 

Bab VIII

AGAMA KRISTEN TIBA DI ASIA
Oleh Gordon H. Chapman

 

Dinilai dari cerita tentang kebangkitan dan pengembangan gereja mula-mula di dalam perjanjian baru, siapa akan menduga bahwa selama beberapa abad pertama dari agama Kristen penyebaran Injil yang paling ekstensif bukan terjadi di barat tetapi di Timur? sebetulnya kondisi-kondisi di dalam kerajaan partia (Yaitu 250 sebelum masehi sampai dengan 226 M), yang merentang dari sungai efrat sampai ke sungai indus dan dari Laut Kaspia sampai ke laut Arabia dalam beberapa hal lebih menyenangkan untuk pertumbuhan gereja daripada di dunia Romawi. Dan walaupun perlawanan terhadap agama Kristen terus memuncak di bawah kekuasaan dan Islam berturut-turut  komunitas komunitas Kristen akhirnya didirikan di dalam wilayah yang luas yang membentang dari Timur dekat ke timur jauh kemungkinan sejak abad pertama gereja.

 Orang Orang Timur Pada Hari Pentakosta

 Lukas menginformasikan kepada kita dalam Kisah Para Rasul 2:5-11 bahwa hadir di kota Yerusalem pada hari pentakosta "orang-orang yang Saleh dari segala bangsa di bawah kolong langit tanda putih-putih di antara mereka ini adalah "orang-orang partia, media oma-oma penduduk Mesopotamia dan orang Arab". Selain itu para peziarah itu meliputi "baik orang Yahudi maupun Penganut Agama Yahudi" yang sama-sama mengenal kebudayaan negara mereka masing-masing dan pernyataan kitab suci Perjanjian Lama.

Banyak orang Yahudi yang tinggal di wilayah wilayah yang luas di Timur Tengah ialah keturunan orang-orang yang dibuang pada waktu penawanan ke asyur dan Babel dan kemudian dikembalikan titik kebanyakan bermukim di masyarakat Timur yang secara komparatif stabil dan toleran, dan banyak yang makmur dan menjadi berpengaruh titik pengharapan mesianis mereka yang diilhami oleh Alkitab pasti merupakan faktor yang membantu timbulnya Pengharapan yang luas akan raja yang akan datang, yang begitu jelas digambarkan di dalam kunjungan ke tiga orang majus (Matius pasal 2:1-12).

Walaupun tidak dapat disangsikan bahwa gereja-gereja di negara-negara Timur yang luas dan  penduduknya sudah lama sekali didirikan, terdapat kekurangan sumber sumber informasi yang asli. Dengan demikian kita sering kali hampir bergantung sepenuhnya pada bahan tradisional yang sulit dibuktikan dengan Kepastian Yang mutlak. Dengan beberapa pengecualian komunitas kristen tidak pernah menjadi suatu unsur yang berpengaruh diantara penduduk juga agama Kristen tidak pernah menjadi agama negara.

 Anehnya gereja yang tersebar di sebagian besar Asia terdapat sebutan "nestorian," menurut Bapak gereja dari Konstantinopel pada abad V, yaitu nestorius rumah yang dikutuk oleh Roma sebagai seorang Deedat pada tahun 430 M. Nama itu sebenarnya sebuah istilah yang tidak cocok yang menjadi terkenal sampai hari ini di dunia barat; Keuskupan Rhoma telah berusaha untuk mendiskreditkan gereja ini yang tidak mengakui keutamaan Rhoma karena alasan-alasan geografi politik, bahasa dan doktrin! bukanlah nama yang diberikan oleh gereja itu sendiri juga bukan nama yang biasa digunakan negeri-negeri Asia.

Asal-Usul Dan Perluasan Gereja Di Dunia Timur

Kerajaan dan Persia

Gereja di timur berawal pada masa yang sangat dingin di dalam zona penyangga di antara Kerajaan Persia dan kerajaan Romawi di Mesopotamia dataran tinggi. Berbagai perubahan dalam pertumbuhannya yang kemudian timbul karena status minoritasnya di dalam situasi ketegangan internasional. Para penguasa kerajaan parkia berada dalam suasana penuh toleransi dan dengan kepercayaan kepercayaan yang lebih tua dari Babel dan asyur sedang dalam keadaan ambruk waktunya sudah matang untuk bangkit nya suatu kepercayaan baru dan vital.

Dengan demikian dari  Edessalah Suatu gerakan penginjilan dimulai yang secara berangsur-angsur menyebar luas di daerah Mesopotamia Persia Asia Tengah dan Cina. Menurut sebuah tradisi kuno lainnya. Mari diutus sebagai seorang misionaris ke Seleucia menjadi suatu pusat lainnya untuk pelayanan misionaris. Dan banyak presbiter lebih merupakan anggota golongan misionaris yang pergi berkeliling yang pergi dari satu tempat ke tempat lain sebagaimana yang Allah lakukan dan mereka memenuhi kebutuhan-kebutuhan mereka dengan berbagai pekerjaan seperti pedagang atau tukang.  Penetapan  waktu wilayah yuridiksi yang merdeka dengan sembilan kota metropolis di bawahnya membantu munculnya sikap yang lebih menyenangkan dari pihak pemerintah yang tidak perlu lagi takut pada suatu persekutuan gerejawi dengan musuh yang umum, yaitu Roma.

Faktor-Faktor Yang Tepat Untuk Perluasan Penginjilan

Beberapa faktor penting menolong untuk menjelaskan pertumbuhan luar biasa pada gereja di Timur selama 1200 tahun pertama dari zaman agama Kristen. Secara geografis, dan kemungkinan juga secara jumlah, perluasan gereja ini melampaui perluasan gereja di Barat pada abad-abad permulaan. Kunci yang terkenal untuk memahami perluasan ini adalah peran serta yang aktif dari kaum awam, yaitu keterlibatan suatu presentase yang besar dari orang-orang percaya di geraja dalam penginjilan misioner. Faktor-faktor penting berikut ini menyebabkan pertumbuhan gereja semuanya didasarkan Sebagian besar pada fakta bahwa hal tersebut adalah gerakakan kaum awam dan juga rohaniawan.

 

 

 

 

 

 

IX

HONGKONG

Oleh David Woodward

Gereja Pada Saat Ini

 

Gereja-gereja protestan berjumlah kira-kira 600 buah, dengan sebagian besar berlokasi di flat-flat atau apartemant-apartemant yang diubah. Bila mereka cukup beruntung untuk dapat memiliki hak atas tanah, gereja-gereja biasanya membangun gedung-gedung yang menjulang tinggi untuk di pakai sebagai gereja dan juga sekolah, dan asrama atau tempat tinggal staf pada lantai teratas. Fasilitas-fasilitas tersebut penuh dengan aktivitas setiap hari dalam seminggu.

Gereja-gereja Cina ini beribadah di dalam banyak Bahasa, yang menggambarkan asal usul daratan utama mereka. Bahasa utama dari gereja-gereja adalah bahas Kanton, tetapi ada juga gereja-gereja yang berkembang lainnya yang menyelenggarakan kebaktian-kebaktian dalam bahasa ini Hakka, Swatow, Shanghai dan Mandarin. Walaupun perbedaan-perbedaan bahasa ini terus menerus membuat perpecahan dalam komunitas Kristen, semuanya membaca huruf-huruf Cina yang sama dan menggunakan Alkitab yang sama.

Gereja -gereja di Cina ditandai oleh tingkatan kepemimpinan yang tinggi. Walaupun ada kekuatan yang luar biasa besar disana yaitu 400 misionaris, dan pada umumnya mereka tidak memikul tanggung jawab atas pengurusan gereja, walaupun “para misionaris tetap mempunyai pengaruh yang luas dalam dewan-dewan gegreja kami orang-orang Cina sangat toleran,” kata seorang pemimpin Cina. Kelompok-kelompok gereja yang terbesar di Hongkong mempunyai sumber teologi di Dunia Barat: yakni kaum Angklikan, Metodis, Luteran, Baptis. “Church of Christ in China” setempat adalh persatuan denominasi Presbiteran, Kongregasional, dan lain-lainnya pada tahun-tahun yang silam. Bebearapa di antara gereja-gereja pra-Perang Dunia II yang lebih tua mula-mula sulit menyesuaikakn arus misionaris yang baru dengan kelompok-kelompok gereja. Misalnya, sekarang perlu penganut Metodis Inggris pra-Perang dan penganut Metodis Amerika pasca-perang berusaha mempersatukan upaya-upaya mereka.

Gereja-gereja yang lebih mudah lebih sadar akan kesempatan-kesempatan di antara para pengungsi, dengan cepat membangun jemaat-jemaat baru di antara para pengungsi itu. Di samping Gereja-gereja yang di kaitkan dengan Dewan Kristen Hongkong, ada sejumlah asosiasi gereja injili yang kuat, seperti Christian Nationals Evangelistic Commission. Kelompok-kelompok orang percaya seperti “Little Flock” dan kelompok-kelompok orang percaya vital lainnya dari Kalangan orang Cina asli juga aktif, walaupun tetap terpisah dari orang-orang Kristen lainnya.

Kepemimpinan injili Hongkong cenderung mengikuti rencana mengadakan pengaruh rohani dan bukan stuktur organisasi. Teng adalah seorang di antara pemimpin kunci, bersama dengan Dr. Samuel Tong dari Southern Baptist Theological Seminary dan Dr. John Pao dari Evangelical Free Church Seminary.

Gereja-gereja Hongkong lebih maju dari gereja-gereja Asia lainnya dalam soal sejumlah perpustakaan audio-visual dan perlengkapannya. Komite penginjilan Audio-visual dari HHCC ( Dewan Kristen Hongkong) memiliki lebiih dari 700 judul film dan 681 foto-foto dalam film. Walaupun program-program radio Kristen setempat dengan ketat dibatasi oleh kebijakan pemerintah, program-progaram dalam Bahasa Cina di pancarkan ke Hongkong dari Filifina. Literatur Kristen cukup luas, dan Hongkong adalh pusat penerbitan yang utama untuk gereja-gereja Cina di luar negeri. Dewan Literatur Kristen Cina memiliki HKCC, sedangkan para penerbit injili bertemu secara informal sekali-kali. Para penerbit yang terkemuka adalah Baptist Press, Alliance Press, Christian Communications, Bellman House, dan Lutheran Press.

Sejak adanya perbedaan ketegangan di antara Amerika Serikat dan Republik Rakyat Cina, kegiatan mengamati Cina telah di perluas, dengan mengijinkan para pengamat yang bermarkas di Hongkong untuk mengadakn perjalanan ke dataran Cina. Organisasi-organisasi Kristen seperti World Vision, Christian Communications, dan Asian Outreach mempertahankan kantor-kantor di Hongkong yang mengumpulkan dan mengevaluasi setiap informasi yang berkenaan dengan orang-orang Kristen dari dataran Cina tersebut yang tetap tinggal.

Walaupun pertumbuhan gereja telah makin lambat beberapa tahun belakangan ini, kemungkinan karena meningkatnya kemakmuran, Hongkong pada saat ini merupkan pusat yang vital untuk gereja-gereja Asia Tenggara samakin meningkat. Sebuah sekolah tinggi teologi injili yang berbentuk kerja sama direncanakan. Kendatipun posisi geo-politisnya berbahaya, Hongkong merupakan sebuah mercusuar rohani yang cerah di Asia.

NEGARA DAN BANGSA

Sebagai koloni Inggris- sebuah pulau mungil yang berjuntai secara berbahaya dari dataran Cina Merah- Hongkong berhasil bertahan hidup di tengah banyak krisis politik dan ekonomi dengan formula praktis berupa pajak yang rendah, sedikit pengawasan, kerja keras, dan keuntungan-keuntungan yang cepat. Barang dagangan yang mempesonakan dan tawar-menawar yang penuh gembar-gembor banyak disebabkan  banyak disebabkan oleh pengelolaan yang pintar, tetapi lebih-lebih lagi oleh masa pekerja yang penurut yang telah melarikan diri ke Hongkong dan tidak dapat pergi  lebih jauh lagi. Karena di dari bagi Cina, walaupun kebanyakan dari provinsi kuantung Yang berdampingan titik ada kekayaan besar dan kepentingan usaha yang luar biasa di Pulau itu: salah satu diantara perusahaan perusahaan perkapalan terbesar di dunia industri industri tekstil yang besar, organisasi-organisasi yang makmur yang mengekspor film-film lokal ke seantero dunia semuanya dimiliki oleh pihak lokal + perusahaan perusahaan patungan bernilai multi jutaan dolar dengan negara-negara asing. Pada permukaan tampak seperti ekonominya stabil, namun orang-orang kaya yang menaruh modal yang berisi kau didalam real Atau usaha-usaha lainnya mengharapkan perolehan keuntungan dalam waktu 4 atau 5 tahun. Investasi jangka panjang merupakan pengecualian, karena semua orang tahu bahwa masa depan itu tidak tentu. Sebetulnya status Hongkong seluruhnya berubah secara radikal dalam jangka waktu 25 tahun karena kontrak sewa 9 per 10 dari lahan tanah Pulau itu telah habis masa berlakunya pada tahun 1997 dan apa yang disebut “new Territories” Pada waktu itu sekarang harus diserahkan kembali kepada Cina.

Bagaimana masyarakat kapitalis ini mampu Bertahan hidup berdampingan dengan Republik Rakyat Cina yang komunis itu selama ini? pandangan yang paling umum diterima ialah bahwa Cina membutuhkan Hongkong sebagai tempat untuk mendengarkan keadaan musuh dan sebagai Sumber devisa. Sudah tentu kehidupan di Hongkong sangat berbeda dengan sistem egalitarianisme yang keras Di daratan Cina, sedemikian Berbeda sehingga Seorang Kristen yang penuh komitmen yang keluar dari Cina yakni Mary Wang berkata, "reaksi pertama saya mengenai Hongkong adalah tidak baik... perbedaan antara si Kaya dan si miskin benar-benar tidak seimbang dengan apapun yang telah saya lihat di Cina. Saya bereaksi menentang kemewahan dan pemborosan. Kelihatannya tidak dapat diampuni, saya tidak Kristiani nya dengan komunisme. para penduduk Hongkong mengetahui bahwa mereka mempunyai permasalahan-permasalahan, tetapi mereka juga sadar dari kunjungan-kunjungan yang sering ke daratan Cina bahwa standar hidup mereka lebih tinggi daripada sanak saudara mereka di di seberang perbatasan, dan bahwa standar hidup mereka terus meningkat secara teratur. angka-angka dari Departemen imigrasi menunjukkan bahwa rata-rata 1 orang diantaranya 6 penduduk Hongkong mengunjungi Cina selama 11 bulan pertama tahun 1972. Salah satu dari kesulitan-kesulitan yang peking Alami dalam berurusan dengan Hongkong ialah Bagaimana meyakinkan rakyat disitu bahwa mereka akan lebih baik hidup di bawah komunisme. Bagi banyak warga Hongkong kerusuhan-kerusuhan dan propaganda komunis tidak dapat dimengerti, karena hal hal itu justru mengakibatkan banyak kesulitan dan tidak ada manfaatnya. Meskipun ada 6 surat kabar komunis, tenaga kerja di koloni ini tidak menanggapi seruan untuk mengadakan pemogokan pada tahun 1960 dari  1.500.000 orang hanya 60.000 orang yang ikut dalam pemogokan tersebut. Dan kamu wanita dalam kolonil ini menunjukkan ketidaksetujuan mereka dengan sikap menolak untuk berbelanja di tokoh-tokoh komunis. Kemudian rakyat Hongkong memilih kedamaian dan stabilitas di bawah kesadaran statusku dan hasilnya ialah ledakan ekonomi sekarang ini.

Agama-agama nasional

 Setiap upaya untuk mengubah kepercayaan-kepercayaan orang dari rakyat yang bersih dan suka bekerja keras suka berkelompok-kelompok, dan suka Berniaga ini harus dengan mempertimbangkan latar belakang kepercayaan mereka yakni Tao dan Budha Mereka datang pada dewa-dewa dengan sikap yang sama praktisnya dengan sikap mereka untuk menangani urusan-urusan sekular jauh lebih mementingkan bantuan langsung dalam suatu keadaan darurat dari pada suatu pandangan umum atau seorang juru selamat. Mereka pun tidak mencari hubungan yang erat dan pribadi dengan dewa-dewa mereka.

Dengan demikian Hongkong kota perniagaan yang modern saat ini ada sisa-sisa dari semua agama Kuno dari dataran Cina yaitu Buddha, confucius,Tao, dll. Walaupun sebagian anak muda menjalankan beberapa kepercayaan takhayul kuno, sekularisme adalah agama utama di koloni tersebut pada saat ini.

 sejarah nasional

 Pertama kali pertama kali muncul Di peta 130 tahun yang silam ketika Inggris merebut Pulau itu dari kekaisaran Cina. Seseorang dari Inggris ke waktu itu menyebutnya "sebuah potongan granit yang tidak berguna tanpa ada air dan tidak ada apa-apa untuk dapat memujinya." Perusahaan perusahaan dagang Inggris telah terlibat dalam perdagangan dengan China lebih dari 200 tahun ketika, karena bosan dengan rumitnya berurusan dengan pihak yang berwenang di pelabuhan Canton mereka menuntut hak berdagang yang normal atau penyerahan sebuah pulau. Sebagai akibat dari apa yang disebut perang candu pertama, Inggris memaksa pihak Cina untuk menyerahkan Hongkong kepada mereka dengan mendudukinya pada tahun 1841. Pulau itu memiliki keindahan alam yakni sebagai pulau yang bergunung-gunung tidak jauh dari daratan Cina, dan ada pelabuhan alamiah yang hampir terkurung oleh daratan. Inggris segera mengubah pantai pantai yang berpasir dan perkampungan nelayan menjadi sebuah pasar bebas yang berkembang dengan baik dan cagar alam yang ditata dengan baik, yang segera menarik gelombang imigran dari provinsi-provinsi Tengah.

 Mereka secara memperluas wilayah semenanjung Kowloon Di daratan Cina pada perang candu kedua pada tahun 1860. Koloni itu mencapai ukurannya yang sekarang pada tahun 1898, ketika new territories yang berdekatan di sewa untuk kurun waktu 99 tahun, suatu tindakan yang dipaksakan terhadap pemerintahan Cina yang tidak tersedia titik pada waktu itu kapal-kapal perang Perancis dan Rusia sedang masuk dok  dekat kota Kowloon, dan Inggris bertekad membersihkan daerah itu dari kekuatan-kekuatan asing lainnya.

 Sejak krisis tahun 1967 kelambanan gerakan ekonomi kelihatannya memberikan stabilitas pada koloni. Peredam ketegangan antara China dan Amerika Serikat telah mendorong hal itu. Hongkong saat ini sibuk mondar-mandir di pelabuhan nya, sebuah kota wisata modern sekuler dan komersial yang rupanya Acuh Tak Acuh terhadap masa depannya yang penting.

Sejarah Kristen

 Gereja Pertama di Hongkong dibuka pada tahun 1842, tidak lama sesudah pendirian koloni itu. Administrasi koloni dahulu mempunyai ikatan-ikatan yang erat dengan gereja Inggris yang sudah mapan. Santo Yohanes dan sejumlah besar gereja dan sekolah anglikan adalah bukti saat ini dari permulaan yang dini dan kokoh itu yang mereka adakan di pulau tersebut. Misi mula-mula ditolerir dan dihargai, terutama atas pelayan pendiri mereka yang menyediakan pekerja-pekerja muda yang pandai di kantor-kantor di kota itu. Walaupun kalangan pengusaha migran tidak terlalu tertarik pada pertobatan jiwa-jiwa, mereka ingin ada pendeta-pendeta untuk mengadakan berbagai pelayanan keagamaan yang dengannya mereka sudah terbiasa titik Dengan demikian dalam waktu yang singkat kaum Methodist, Presbyterian dan kongregasionalis  telah telah memiliki  tempat-tempat ibadah mereka juga.

Beberapa misionaris sejak dini menjangkau orang-orang Cina dan memberitakan Injil, dengan hasil berupa gereja-gereja Cina berdiri. Persatuan Gereja-gereja Kristen Cina didirikan pada waktu perang Dunia I, dan badan itu kemudian mensponsori banyak kampanye penginjilan dan konferensi-konferensi  kebangunan rohani di banyak kota. Belakangan badan tersebut menyediakan panti-panti werda dan sebuah usaha pemakaman. Dewan Kristen Hongkong baru terbentuk pada tahun 1954, dan Dewan tersebut berhasil menyatukan sejumlah pelayanan kebaktian yang tumpah tindih. Dewan tersebut telah mendapatkan penerimaan dari pihak pemerintah sebagai “suatu aliran Protestan” dan dengan demikian mendapat waktu penyiaran radio gratis di Radio Hongkong untuk mewakili komunitas Protestan.

Masa masa yang sulit pada tahun 1960-an menyebabkan banyak orang berpaling dari Allah. Ketika banyak kerusuhan dan pengeboman  mengganggu Hongkong pada musim panas tahun 1967 jumlah peserta PPAA  meningkat. Cover konferensi Keswick  dipenuhi sampai batas kapasitas 3000 tempat duduk sepanjang 8 hari konferensi tersebut titik pendudukan penting atas macao oleh kaum komunis menakutkan banyak orang di Hongkong. ancaman begitu nyata sehingga 600 dokter mengajukan permohonan visa untuk ke Kanada. Para mahasiswa Universitas Kristen memberikan pernyataan bahwa "setiap orang Kristen harus mempertimbangkan dengan serius pertanyaan-pertanyaan berikut ini sebelum mengambil keputusan untuk meninggalkan Hongkong":

1.    Mengapa saya dilahirkan sebagai seorang Cina?

2.    Bagaimana kaitan hal ini dengan tanggung jawab saya untuk memenangkan bangsa saya Bagi Kristus?

3.    apaKah saya memandang situasi saat ini dengan sikap tenang dan dari sudut pandang Allah? Apakah dalam hal ini saya sudah mempertimbangkan ketuhanan Allah?

4.    Apa yang menjadi komitmen komitmen saya pada saat ini?

5.    Andaikata saya harus pergi, Siapakah yang siap menggantikan saya? apakah saya sudah Melati orang-orang lain untuk membuat hal-hal ini?

6.    apakah percobaan pada saat ini dan penganiayaan penganiayaan pada masa yang akan datang merupakan rencana Allah bagi saya untuk masuk ke dalam "persekutuan dalam penderitaan Kristus?” 

7.    Akankah saya menjadi orang yang tidak dapat mencocokkan diri secara sosial dan rohani Seandainya saya harus  menetap di suatu negara?

Dengan demikian terlihat ada santapan rohani dan kekuatan diantara banyak orang Kristen yang lebih muda di Hongkong  pada saat ini yang bahu-membahu dengan baik untuk terus memperluas kesaksian bukan hanya di pulau tersebut, tetapi di seantero komunitas China di luar negeri selama tahun-tahun yang akan datang titik mungkin ada cukup misionaris barat untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan gereja dan kesempatan disitu demikian pikir para pengamat.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

KESIMPULAN

Buku ini berbicara tentang Sejarah Gereja Asia, buku ini banyak memberikan penjelasan tentang sejarah gereja di Asia, terutama proses menyebarnya Injil, karena penulis telah berusaha mengumpulkan tulisan-tulisan karya lebih dari dua puluh lima pakar mengenai gereja di Asia. Sesudah ia memberikan analisis yang jelas tentang benua itu sendiri, orang lain memberikan laporan tentang agama Kristen di setiap negara yang ia susun menurut alfabet.

Masing-masing pakar memberikan tinjauan luas yang rinci tentang keadaan gereja Asia di negara tertentu, dalam hal ini si penulis tersebut pernah hidup di negara tertentu, dalam hal ini si penulis memang ahli. Memaparkan sejarah Injil di sampaikan kepada semua orang dan memaparkan permasalahan yang terdapat dalam memberitakan Injil, yaitu yang menyangkut sifat sejarah gereja, serta cara-cara bagaimana mencapai amanat yang Tuhan berikan.  Saya yakin buku ini sangat membantu dalam memulai suatu pelayanan memberitakan injil, meskipun dengan bahasa yang sederhana, buku ini bagus digunakan oleh mahasiswa yang sedang belajar sejarah gereja Asia, juga untuk  menambah referensi dan juga dalam proses belajar mengajar karena mengandung isi yang berkualitas, serta juga bermanfaat bagi para peminat  untuk mengembangkan wawasan tentang Sejarah Gereja.

TUHAN YESUS MEMBERKATI